13 Cara Menambah Subscriber YouTube secara Organik dengan Mudah

Cara Menambah Subscriber YouTube secara Organik dengan Mudah

Menjadi YouTuber merupakan salah satu alternatif pekerjaan yang menjanjikan dan sudah dilakukan oleh banyak orang. Semakin banyak orang yang melakukannya tentunya persaingan menjadi semakin ketat. Salah satu cara agar channel YouTube Anda menghasilkan adalah dengan memiliki banyak subscriber.

Jika Anda ingin mempromosikan channel YouTube Anda dan memberi kesan meyakinkan, Anda bisa mengawalinya dengan cara beli subscriber youtube. Namun dalam perjalanan channel Anda selanjutnya, Anda tetap harus berusaha menambah subscriber organik agar lebih menghasilkan.

Cara Mudah Menambah Subscriber YouTube secara Organik

Cara Mudah Menambah Subscriber YouTube secara Organik

Mendapatkan subscriber secara organik memang tidak mudah jika dibandingkan dengan membeli. Namun jika Anda ingin mencobanya, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menambah subscriber untuk kanal YouTube Anda.

1. Konsisten Mengupload Video

Cara utama dan yang wajib dilakukan untuk menambah subscriber channel Anda adalah dengan konsisten mengupload Video. Buat dan upload video Anda secara rutin dan konsisten. Semakin banyak video yang Anda miliki maka akan semakin besar peluang video Anda ditonton.

Akan lebih baik jika Anda mengupload video dengan terjadwal sehingga subscriber bisa dengan mudah menunggu postingan video Anda.

2. Membuat Konten yng Menarik dan Berkualitas

Buatlah konten yang menarik dan juga berkualitas. Misalkan hiburan atau tutorial, pastikan menyajikan konten dengan menarik agar orang menonton video Anda hingga selesai.

Jika Anda membuat konten tutorial, buat agar penjelasan Anda tidak membingungkan. Pilih kata-kata yang mudah dipahami.

Jika Anda tipikal YouTuber story telling, gunakan ekspresi yang beragam. Anda juga bisa menambahkan beberapa gerakan serta gunakan intonasi yang berbeda-beda agar penonton tidak bosan.

3. Membuat Thumbnail yang Menarik

Thumbnail yang menarik dan membuat penasaran akan memancing orang untu mengklik video Anda. Thumbnail adalah gerbang awal mendapatkan penonton.

Untuk membuat thumbnail yang menarik Anda bisa membedakan warna background, dan menyertakan foto yang tidak biasa. Yang tentunya masih berkaitan dengan video yang Anda buat.

4. Optimasi Kata Kunci

Cara yang kelima untuk menambah subscriber adalah memastikan channel Anda berada di peringkat atas pencarian. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengoptimasi kata kunci.

Gunakan kata kunci yang sekiranya banyak digunakan dan relevan pada bagian judul, deskripsi, tag bahkan pada file thumbnail.

5. Membuat Playlist

Membuat playlist mungkin tampak sepele, namun ternyata juga dapat menambah subscriber YouTube Anda. Karena dengan adanya playlist pengunjung lebih mudah menonton kembali video-video yang sudah Anda unggah. Playlist juga membuat penonton dapat menikmati video Anda secara berkelanjutan.

6. Menulis Deskripsi Channel dengan Baik

Deskripsi channel akan memberikan gambaran mengenai isi dan tujuan channel Anda. Hal ini akan memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi. Tulis keterangan channel dengan informatif, sertakan sosial media dan topik channel Anda dengan baik.

7. Merekomendasikan Video Lain

Setelah melihat beberpa video yang menarik, biasanya orang akan secara otomatis berlangganan di channel Anda. Untuk memancing orang menonton video Anda yang lain, Anda bisa merekomendasikan video lainnya pada bagian tengah atau akhir video.

8. Meletakkan Button Subscribe

Dengan meletakkan button subscribe pada bagian branding watermark video, akan memudahkan pengunjung untuk berlangganan. Dengan adanya tombol ini akan memperkecil kemungkinan pengunjung lupa menekan tombol subscribe.

9. Membuat Durasi Video yang Pas

YouTube merupakan platform untuk menikmati video, maka sebaiknya Anda tidak mengunggah video yang terlalu pendek, namun tidak juga terlalu panjang agar pengunjung tidak kehilangan fokus dan tidak menyelesaikan video Anda. Durasi yang tepat adalah sekitar 10 – 15 menit.

10. Berinteraksi dengan Pengunjung

YouTuber yang ramah dan memiliki interaksi yang baik dengan penonton biasanya memiliki lebih banyak subscriber. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara menjawab dan berdiskusi pada kolom komentar. Atau sekali-kali melakukan siaran live dan menyapa pengunjung channel Anda secara langsung.

11. Berkolaborasi dengan YouTuber Lain

Melakukan kolaborasi dengan YouTuber lain merupakan salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan subscriber channel YouTube Anda. Anda bisa berkolaborasi dengan YouTuber yang memiliki lebih banyak subscriber, ataupun dengan YouTuber pemula agar dapat saling menguntungkan.

12. Promosikan Melalui Sosial Media

Jika Anda memiliki sosial media pribadi, Anda bisa mempromosikan video yang baru saja Anda unggah melalui berbagai sosial media yang Anda miliki seperti facebook, twitter atau instagram.

13. Melakukan Optimasi performa SEO YouTube

Memaksimalkan SEO adalah cara ampuh untuk menambah subscriber. Optimasi ini bisa Anda lakukan dengan barbagai cara seperti: memilih judul dan kata kunci yang tepat, membuat judul video yang informatif, mengisi caption atau deskripsi video untuk meningkatkan posisi di pencarian.

Selain itu juga memberi nama file video dengan fokus pada kata kunci,  membuat daftar tag yang spesifik, serta menulis kata kunci utama.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menambah subscriber Anda secara organik. Selamat mencoba dan semoga berhasil.