manfaat renang

6 Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan Fisik & Mental Tubuh

Sudah tahu Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan Fisik & Mental Tubuh? Berenang merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak digemari oleh banyak orang. Selain olahraga ini tergolong murah, olahraga berenang merupakan kegiatan yang sangat mengasyikkan. Terutama bagi anak-anak, kegiatan berenang sangatlah menyenangkan. Olahraga renang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Simak manfaat olahraga berenang bagi kesehatan tubuh berikut ini.

Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan

1. Baik bagi kesehatan jantung

Olahraga berenang memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Asosiasi Kesehatan jantung Amerika melaporkan bahwa hanya denga 30 menit berenang dalam sehari, dapat mengurangi penyakit jantung koroner sebesar 30 – 40 persen.

Baca Juga : 5 Ciri-ciri Kontraktor Kolam Renang yang Profesional dan Terpercaya

2. Mengurangi dan menyembukan penyakit asma

Selain baik bagi jantung, olahraga berenang juga baik untuk pernapasan. Dengan sering melakukan kegiatan berenang, dapat membantu melatih pernapasan pada paru- paru sehingga paru-paru menjadi lebih sehat dan teratur. Beberapa orang percaya bahwa sering melakukan berenang akan mencegah dan menyembuhkan penyakit asma.

3. Mengurangi resiko diabetes

Kegiatan berenang juga dapat mengurangi resiko penyakit diabetes. Dengan 30 menit berenang selama tiga kali per minggu, Anda bisa membakar 900 kalori serta mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 lebih dari 10 persen . Dan, jika anda sudah memiliki diabetes tipe 1, manfaat berenang dapat sangat membantu, karena jenis latihan ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

4. Menguatkan otot

Manfaat renang bagi tubuh selanjutnya adalah menguatkan otot otot triceps, kalau belum tahu otot triceps itu apa otot triceps adalah otot yang terletak dibagian belakang lengan. Peningkatan massa oto triceps ini bisa mencapai 23,8% bila rutin berenang dalam delapan minggu atau lebih.

5. Mengurangi Resiko Arthritis

Penyakit arthritis merupakan peradangan pada sendi yang mengakibatkan kekakuan sendi. Renang merupakan olahraga yang paling dianjurkan untuk mengurangi resiko penyakit arthritis. Hal ini dikarenakan olahraga berenang menggerakkan semua bagian tubuh namun tidak terlalu memberi beban dan ketegangan pada sendi. Pada saat berenang berat beban anda akan menjadi ringan daripada saat tidak berada di dalam air. Para ahli lebih menganjurkan penderita Rheumatoid Arthritis untuk rutin berenang daripada harus mengonsumsi obat-obatan.

6. Relaksasi dan mencegah stress

Manfaat terakhir dari olahraga berenang adalah dapat mengurangi tingkat stress dan depresi seseorang. Dengan rutin melakukan olahraga berenang, tubuh akan selalu segar dan bugar, selain itu pikiran juga selalu fresh. Dengan berenang, dapat mengurangi kepenatan setelah seminggu sibuk bekerja dan sekolah.