Yuk Kenali 3 Jenis Processor Audio System Beserta Fungsinya di Sini

Yuk Kenali 3 Jenis Processor Audio System Beserta Fungsinya di Sini

Di dalam satu set audio system, di dalamnya didukung dengan berbagai perangkat tambahan yang membuat hasil suara menjadi lebih bagus. Terdapat bagian yang disebut dengan audio processor. Perangkat tersebut bertugas mengolah sinyal audio dan membuatnya terdengar nyaman di telinga. Lantas apa saja jenis processor dalam audio sound system? Berikut daftarnya.

Jenis Jenis Processor Audio Yang Ada Di Pasaran

1. Graphic Equalizer

Audio processor yang pertama disebut dengan graphic equalizer. Perangkat tersebut sering digunakan untuk menghasilkan sound terbaik di dalam sebuah event. Kualitas suara yang dihasilkan akan terdengar lebih nyaman di telinga. Selain itu, komponen ini dapat menyeimbangkan frekuensi output yang berasal dari mixer audio.

Graphic equalizer juga bertugas memotong frekuensi yang terlalu berlebih dan menambahkan frekuensi yang dianggap kurang ada bagian FOH. Alhasil, suara yang didengar oleh penonton menjadi lebih jelas dan tidak mengganggu di telinga. Bahkan kualitas tersebut akan menyamai hasil mix yang biasa didengar melalui headphone.

Hingga saat ini, ada banyak toko perlengkapan sound yang menjual graphic equalizer. Mereka juga beragam sehingga anda harus jeli memilih produk dengan kualitas terbaik. Segala informasi terkait dengan perangkat tersebut juga sangat mudah dicari di internet. Berangkat dari informasi itulah, anda bisa menentukan pilihan yang paling tepat.

2. Active Crossover

Jenis processor audio sound system yang berikutnya adalah active crossover. Komponen ini berfungsi untuk membagi frekuensi suara sehingga dapat disesuaikan dengan tipe speaker yang ada. Hal tersebut ternyata dapat membuat speaker jauh lebih awet dan tahan lama. Adapun keluaran yang dihasilkan oleh active crossover adalah low, mid, dan high.

Di dalam sebuah active crossover juga ada banyak komponen pembentuk yang membuat fungsi tersebut bisa berjalan. Mereka adalah resistor, trafo, regulator, dan IC. Apabila ada bagian yang rusak, maka active crossover tidak dapat berfungsi dengan baik. Ada baiknya bagi anda untuk melihat lihat keunggulan setiap merek active crossover sebelum memutuskan untuk membelinya.

3. External Audi Efx

Jenis processor yang ketiga disebut dengan external audio efx. Perangkat ini biasa digunakan untuk mic dan microphone. Fungsi utamanya adalah untuk memberikan efek pada suara yang berasal dari mic. Salah satu tipe efek yang bisa diberikan adalah suara jernih dan megah. Dengan begitu, kualitas suara yang dihasilkan terdengar lebih bagus dibandingkan sebelumnya.

Selain itu, orang orang yang paham tentang audio sound system juga biasanya menggunakan perangkat ini sebagai alat tambahan pada mixer. Langkah ini diambil karena perangkat tersebut dapat mengirimkan berbagai macam informasi suara dari satu channel ke channel yang lain. Dengan begitu, pengaturan kualitas serta suara yang dihasilkan menjadi lebih baik.

Berdasarkan informasi yang telah disebutkan tadi, terlihat bahwa processor menjadi bagian penting di dalam audio system. Mereka menjadi komponen yang sangat diperlukan untuk menghasilkan suara yang enak didengar oleh telinga. Tidak heran jika di berbagai event terutama yang skalanya besar selalu menggunakan perangkat yang satu ini.

INFO SPEAKER AKTIF TERBAIK : https://www.bliaudio.com/index.php?route=information/blogger&blogger_id=19