5 Kelebihan Instagram yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Kelebihan Instagram yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Dewasa ini ada beberapa media sosial yang sangat besar dan populer, salah satunya adalah Instagram. Sejak diluncurkan pada tahun 2010 silam, pengguna Instagram semakin meningkat jumlahnya.

Bahkan, tercatat negara Indonesia merupakan salah satu pengguna Instagram terbesar di dunia. Media sosial yang berfokus pada layanan berbagi foto dan video secara gratis ini memang sangat digandrungi di tanah air.

Instagram seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang sudah jenuh dengan media sosial lainnya, serta menginginkan sesuatu yang lebih fresh. Pasalnya, media sosial yang awalnya dirancang oleh Kevin Systrom, Mike Krieger (Burbn, Inc.) ini menawarkan hal yang unik dengan antar muka yang sederhana.

Maka tidak mengherankan jika Instagram ini digunakan oleh banyak orang dari berbagai kalangan, termasuk para seniman, artis, pebisnis, selebgram, tokoh publik, hingga desainer dan fotografer.

Instagram menjadi wadah yang asyik untuk memproduksi konten berkualitas, menampilkan hasil karya, sarana komunikasi dengan penggemar hingga memasarkan produk dan jasa. Instagram tidak melulu digunakan sebagai sarana memamerkan gaya hidup, namun juga menjadi salah satu sarana untuk pemasaran online yang ampuh. Apalagi bagi Anda yang memiliki banyak pengikut atau instagram followers.

Kelebihan Instagram

Kelebihan Instagram

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Instagram yang menjadikan sebagai salah satu kanal media sosial terbesar dan populer saat ini.

1. Medsos Populer

Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat besar dan populer saat ini. Jumlah penggunanya pun semakin berkembang dan terdiri dari berbagai kalangan.

Bagi para kaum muda kekinian, Instagram seolah menjadi akun medsos yang wajib dimiliki untuk menunjang eksistensnya di dunia maya. Ditambah lagi dengan potensi trafik yang sangat besar, maka Instagram juga menjadi salah satu media pemasaran online yang luar biasa.

2. Gratis

Instagram seperti umumnya media sosial lainnya, dapat digunakan secara gratis. Bahkan aplikasi Instagram juga sudah tersedia untuk beberapa sistem operasi untuk ponsel, mulai dari Andriod, iOS hingga Windows Mobile.

3. Keamanan & Privasi

Kelebihan lainnya dari Instagram adalah terletak pada masalah privasi dan keamanannya. Instagram diklaim mampu melindungi anak di bawah umur dari konten yang tidak sesuai dengan usianya, misalnya untuk anak di bawah 13 tahun.

Untuk urusan update postingan, Anda bahkan juga dapat memilih opsi publikasi untuk pribadi ataupun umum. Sehingga Anda bisa leluasa mengaturnya dengan mudah untuk siapa konten gambar dan video Anda dapat dilihat nantinya.

4. Opsi Sharing ke Medsos Lain

Sebagai pengguna Instagram, mungkin Anda sudah mengetahui bahwa Anda dapat membagikan konten berupa foto (gambar) dan video langsung dari aplikasi. Artinya, Anda dapat memanfaatkan fitur kamera bawaan dari Instagram yang sangat keren guna update story maupun feed.

Kelebihan dari Instagram adalah Anda dapat membagikan konten Anda dari Instagram ke beberapa media sosial populer lainnya, seperti Facebook dan Twitter. Tentu saja hal ini akan sangat memudahkan bagi Anda yang mengelola banyak akun medsos di kanal yang berbeda.

5. Cocok untuk Jualan Online

Seperti sudah disinggung di depan bahwa Instagram merupakan salah satu media pemasaran online yang efektif. Maka tidak mengejutkan jika Instagram sering kali dimanfaatkan untuk jualan online.

Anda bisa memanfaatkan fitur snapgram dan juga feed untuk mempromosikan produk atau jasa yang hendak Anda jual. Semua ini menjadikan Instagram sebagai media pemasaran yang banyak dipilih oleh para pebisnis online.

Potensi trafiknya yang besar, bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan Anda. Terlebih lagi jika Anda memilki banyak followers instagram, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan meraih keuntungan yang besar dengan memasarkan produk Anda melalui Instagram.

Itulah beberapa kelebihan dari Instagram yang membuatnya menjadi salah satu media sosial paling populer saat ini. Bagi Anda yang mengandalkan marketing online sebagai salah satu upaya peningkatan bisnis, maka Instagram merupakan sebuah media pemasaran yang sangat penting untuk Anda pertimbangkan.