Wednesday , June 19 2024
Keunggulan Program Flash Track UPER UI yang Perlu Diketahui

Inilah 4 Keunggulan Program Flash Track UPER-UI yang Perlu Diketahui

Banyaknya sarjana menjadikan persaingan di bursa kerja semakin ketat. Tidak hanya bagi pencari kerja namun juga bagi perusahaan. Banyak perusahaan merasa kesulitan untuk mencari karyawan yang kompeten karena terlalu banyaknya pelamar.

Hal ini menjadikan sebagian perusahaan memilih untuk menaikkan persyaratan pendidikan dan membayar lebih besar untuk mendapatkan karyawan yang benar-benar berkualitas dan siap kerja. Itulah mengapa banyak posisi di suatu perusahaan yang awalnya diisi oleh sarjana diubah menjadi yang bergelar master atau lulusan S2.

Sebagai pencari kerja maka banyak pula yang berusaha keras untuk memenuhi kualifikasi. Namun seperti diketahui, melanjutkan studi S2 tidak hanya membutuhkan biaya namun juga waktu yang cukup panjang. Sementara selain kuliah Anda juga harus menambah pengalaman agar memiliki nilai lebih dalam dunia kerja.

Program Flash Track UPER-UI

Melihat fenomena tersebut Universitas Pertamina atau lebih dikenal dengan UPER yang merupakan salah satu Kampus Swasta Unggulan di Jakarta, mencetuskan sebuah program flash track bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI). Flash track ini sementara hanya bisa diikuti mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Program Flash Track UPER UI

Seperti yang sudah diketahui, bahwa UPER tidak hanya unggul sebagai Kampus Teknologi dan Bisnis Energi, namun juga memiliki banyak fakultas dan program studi lainnya yang berkualitas. Salah satunya adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Program flash track ini adalah program percepatan belajar dimana mahasiswa yang mengkuti program ini cukup mengenyam pendidikan selama 5 tahun untuk mendapatkan gelar sarjana UPER sekaligus Magister Ilmu Administrasi UI.

Kelebihan Program Flash Track

Program Flash Track ini sangat menarik karena memiliki banyak kelebihn. Kelebihan utama yang ditawarkan adalah adanya percepatan waktu belajar selama 1 tahun. Selain itu adapula beberapa kelebihan lain sperti:

1. Dapat Mengikuti Program Unggulan

Selama mengikuti program ini otomatis mahasiswa menjadi mahasiswa di UPER sekaligus di UI. Selain mengikuti program mahasiswa ini juga memiliki kesempatan yang sama dengan mahasiswa reguler untuk mengikuti berbagai program unggulan di kedua kampus. Sebagai contoh mendaftar beasiswa, mengikuti pertukaran pelajar dan magang di tempat yang diinginkan.

2. Pembelajaran Berbasis Proyek

Tidak hanya mempercepat waktu studi program flash track ini juga dbuat sedemikian rupa agar lulusannya siap bersaing dalam bursa kerja. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan program pembelajaran berbasis proyek. Pembelajaran ini bisadilakukan dengan mengikuti proyek dosen, mengikuti berbagai kometisi bahkan juga membuat proyek inovasi kewirausahaan.

3. Mahasiswa Mendapatkan Mentoring & Pembekalan

Program flash track ini dapat diambil oleh mahasiswa FEB UPER setelah memasuki semester 7.  Tidak hanya mendaftar dan mengikuti seleksi, semua mahasiswa yang sudah mendaftar akan mendapatkan bimbingan dan pembekalan untuk mengikuti seleksi masuk UI. Setelah mengikuti bimbingan dan pembekalan, mahasiswa tidak perlu mengikuti matrikulasi saat sudah diterima di program magister UI

Selain bekerjasama dengan UI program flash track ini juga sudah dilakukan UPER dengan beberapa kampus luar negeri yaitu: Universiti Teknologi Petronas (UTP) Malaysia, University of Nantes (Université de Nantes) Prancis, hingga Malaysia Multimedia University.

Sekalipun merupakan kampus swasta UPER sebisa mungkin memfasilitasi mahasiswa dengan beberapa beasiswa unggulan. Bahkan beberapa beasiswa memungkinkan mahasiswa mendapat pembebasan biaya SPP 100%.

Untuk info mengenai pendaftaran kuliah, pendaftaran program flash track dan informasi terkait pendaftaran beasiswa, Anda bisa mengunjungi website resmi UPER di universitaspertamina.ac.id.