Manfaat Pemberian ASI Eksklusif dan Solusi Booster bagi Mamsi yang Kesulitan Melakukannya

Manfaat Pemberian ASI Eksklusif dan Solusi Booster bagi Mamsi yang Kesulitan Melakukannya

Kehadiran bayi di dunia merupakan anugerah yang tak ternilai harganya bagi setiap keluarga. Karenanya, bayi perli diberikan yang terbaik untuk kebutuhannya. Salah satunya adalah dengan memberikan ASI eksklusif. Adapun ASI eksklusif itu umumnya diberikan kepada bayi sejak baru lahir hingga bayi berusia 6 bulan. Dan dilanjutkan sampai bayi berusia 2 tahun.

Pemberian ASI eksklusif sangat dianjurkan karena memberi banyak manfaat dan keutungan untuk bayi maupun mamsi (mama menyusui). Hal ini juga sejalan dengan program #KawalAwal 100% ASI for More dari Herba Asimor.

Manfaat Pemberian ASI Eksklusif

Berikut ini adalah manfaat yang dapat Anda peroleh dengan menyusui bayi secara eksklusif:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi secara signifikan
  • Meningkatkan kecerdasan bayi.
  • Meningkatkan berat badan bayi secara ideal.
  • Memperkuat tulang bayi.
  • Bayi banyak mendapat kolesterol yang berguna bagi tumbuh kembangnya.
  • Mengurangi risiko terjadinya SIDS atau sindrom kematian bayi mendadak .
  • Menumbuhkan dan Mempererat bonding antara ibu dan anak.
  • Membuat tubuh ibu lebih cepat kembali seperti semula.
  • Berguna sebagai alat kontrasepsi alami.
  • Mengurangi stres dan mempekecil risiko baby blues dan depresi.
  • Mempercepat durasi nifas.
  • Menurunkan risiko terkena kanker payudara ataupunkanker serviks.

ASI Booster Alami

Sebagian ibu muda atau mamsi merasa kesulitan menyusui dan mengeluh produksi ASI terlalu sedikit. Sebenarnya masalah ini dapat dengan mudah diatasi dengan memperbaiki asupan makanan ibu menyusui. Berikut adalah bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai ASI Booster:

1. Bayam

Bayam adalah sayuran yang sangat mudah ditemui. Pada bayam memiliki kandungan zat yang bernama phytoestrogens. Adapun zat ini berfungsi meniru cara kerja hormon estrogen yang dapat meningkatkan produksi ASI. Selain itu, ada juga kandungan asam folat, zat besi, kalsium, dan vitamin K dalam bayam yang dapat membantu dalam meningkatkan kualitas ASI yang dihasilkan

2. Daun Torbangun

Daun torbangun disebut juga daun bangun-bangun. Sayuran ini umum dijumpai pada makanan khas Batak. Menariknya, daun torbangun ini mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol yang dipercaya dapat meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin yang berguna untuk meningkatkan produksi ASI.

3. Daun Katuk

Daun katuk sudah digunakan untuk ASI booster sejak zaman dahulu kala. Daun katuk mengadung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, betakaroten, kalsium, fosfor, zat besi, yang mampu meningkatkan kualitas dan juga kuantitas ASI.

4. Daun Kelor

Daun Kelor atau moringa baik untuk ibu menyusui karena selain kandungan protein, vitamin B6, vitamin C, zat besi, riboflavin (B2), vitamin A, dan magnesium yang dapat memperbanyak produksi ASI. Daun kelor juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium si kecil.

5. Daun Singkong

Daun singkong memiliki kandungan vitamin A, vitamin B17, vitamin C, kalsium, fosfor, dan zat besi. Yag dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI.

6. Alpukat

Alpukat juga dapat dijadikan alternatif cemilan bagi ibu menyusui yang mudah lapar. Kandungan lemak sehat, kalori, vitamin B, vitamin K, folat, potasium, vitamin C, dan vitamin E dalam alpukat bersifat mengenyangkan dan mampu meningkatkan kualitas ASI.

7. Kacang-kacangan

Alternatif cemilan lain adalah kacang-kacangan seperti kedelai, almond atau kacang-kacangan lainnya. Hampir semua kacang-kacangan kaya mineral penting, seperti zat besi, kalsium, seng, vitamin K, dan vitamin B. Kacang juga dikenal sebagai sumber asam lemak esensial dan sumber protein yang sehat dan baik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.

Itulah berbagai bahan alami yang dapat digunakan sebagai ASI Booster. Sementara itu untuk Anda para ibu menyusui yang kesulitan mencari sumber ASI Booster Alami, Anda bisa mencoba Herba Asimor yang di dalamnya terdapat kombinasi daun torbangun dan juga daun katuk yang mana telah terbukti dapat meningkatkan kualitas dan juga kuantitas ASI. Dengan demikian Anda dapat memberikan ASI eksklusif untuk buah hati Anda dengan mudah dan lancar.