Penggunaan Who

Contoh Penggunaan Who

Masih ragu-ragu saat penggunaan kata hubung who yang tepat bagaimana? Who memiliki kemiripan dengan whom penggunaannya dan sulit dibedakan jika kamu tidak benar-benar paham. Pelajari sekali lagi dan temukan triknya. Berikut kita kupas pembahasan penggunaan who yakni:

Relative pronoun who  berarti “siapa” kalau digunakan dalam kalimat tanya dan noun clause. Namun, who akan berarti “yang” kalau digunakan dalam adjective clause. Dalam formal writing dan speaking who memang memiliki arti yang berbeda. Dalam kalimat tanya (interrogative), who digunakan untuk menanyakan subjek kalimat. Pola penggunaan who dalam kalimat tanya sebagai berikut: Who + verb + object + ….?

Contoh:

Who ate my sandwich? / Siapa yang memakan sandwich ku?

Who has great this jacket? / Siapa pemilik jaket keren ini?

Who will accompany you to the Jessica’s party? / Siapa yang akan menemanimu ke pestanya Jessica?

Sampai disini, apakah kamu sudah mulai bisa pahami bagaimana penggunaan who yang tepat? Jadi, dalam metode belajar bahasa Inggris kali ini, kamu harus semakin jeli ya. Dan pahami betul-betul penggunaan who agar kamu mudah berbahasa inggris formal. Dari contoh kalimat diatas, apakah kamu menyadari bahwa semua yang dipertanyakan adalah tentang siapa seseorang yang melakukan sesuatu? Ya,  berbicara tentang siapa (subject) seseorang yang melakukan sesuatu, maka gunakanlah who.

Masih bingung? Sekarang coba jawab ketiga pertanyaan di atas, maka akan tampak bahwa kata who akan menggantikan subject kalimat.

Your brother ate your sandwich. / Adikmu yang memakan sandwichmu.

Jay has this jacket. / Jay yang memiliki jaket ini.

My boyfriend will. / Pacarku yang akan menemani.

Berikutnya, penggunaan who dalam noun clause dan adjective clause adalah sama dengan penggunaan who pada kalimat tanya, yaitu untuk menggantikan orang yang posisinya sebagai subject kalimat.

Would you tell me who has this car? (noun clause)

Neil Armstrong, who was the first human to set foot on the moon surface, is from the United States. (adjective clause).