Struktur Kata Pengantar Makalah yang Perlu Diketahui

Struktur Kata Pengantar Makalah yang Perlu Diketahui

Ketika Anda menulis makalah ataupun karya tulis ilmiah, maka Anda akan membutuhkan kata pengantar. Umumnya, kata pengantar makalah diletakkan di bagian depan. Hal ini memiliki tujuan agar para pembaca bisa memahami bahwa penulisan makalah tersebut bukan sesuatu yang mudah dan membutuhkan proses yang tidak sebentar.

Di samping itu, kata pengantar makalah juga berfungsi sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih dari tim penulis dan para penyusun yang terlibat di dalamnya kepada Tuhan dan semua pihak yang ikut serta dalam memudahkan, sehingga berhasil menyelesaikan makalah tersebut.

Struktur Kata Pengantar

Dalam menulis kata pengantar untuk makalah, maka Anda harus memperhatikan tiga bagian utama. Mulai dari bagian pembuka, isi dan terakhir adalah bagian penutup.

1. Bagian Pembuka

Bagian pertama dari kata pengantar makalah adalah pembuka. Pada bagian ini, biasanya akan tersusun dari 1 – 2 paragraf. Adapun isi dari bagian pembuka ini umumnya berupa ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memudahkan proses penyusunan makalah tersebut.

Selain itu juga ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang turut membantu dan mendukung dalam proses penulisan dan pembuatan makalah tersebut.

2. Bagian Isi

Bagian selanjutnya adalah isi, di mana pada bagian ini biasanya digunakan untuk memberikan gambar umum dan singkat terkait makalah yang ditulis tersebut. Pada bagian awal biasanya akan ditulis judul dari makalah tersebut, kemudian dijelaskan pula pembahasan untuk makalah tersebut.

Agar menarik minat pembaca, bagian isi ini tidak perlu ditulis secara detail dan panjang lebar. Cukup penjelasan singkat saja secara umum, sehingga pembaca akan semakin tertarik dan penasaran untuk membaca makalah tersebut secara lengkap nantinya. Jika ditulis terlalu panjang, para pembaca justru bisa merasa bosan dan tidak jadi meneruskan untuk membaca makalah secara lengkap.

3. Bagian Penutup

Bagian terakhir dari kata pengatar makalah adalah penutup. Pada bagian penutup umumnya akan dimanfaatkan penulis untuk mengutarakan harapan dan memohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dari penyusunan makalah tersebut.

Namanya manusia pasti memiliki banyak kekurangan, sehingga sudah sewajarnya jika pihak penulis meminta maaf dari hal-hal yang kurang diinginkan dan berbagai kekkurangan serta kesalahan yang tidak disengaja ataupun tidak disadari oleh tim penulis.

Sementara itu untuk harapan dari pihak penulis, umumnya adalah menjelaskan mengenai potensi dari tema tulisan makalah tersebut yang bisa dikembangkan ataupun dilihat dari sudut lainnya. Sehingga para pembaca atau pihak lainnya diharapkan akan bisa mengembangkan karya tulis dari tema makalah tersebut ke dalam karya tulis ilmiah atau makalah yang baru.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai kata pengantar makalah yang ternyata memegang peranan penting dalam penyusunan karya ilmiah. Sementara itu untuk contoh penulisan kata pengantar makalah yang baik dan benar, Anda bisa melihat langsung di website digstraksi.com.