Harga Lada Hitam dan Lada Putih Terbaru November 2019



Harga Lada Hitam dan Lada Putih Terbaru November 2019. Daftar harga jual beli merica hitam dan putih terkini per ons & kg di pasaran lokal dan internasional ter-update. Lada putih dan lada hitam merupakan salah satu komoditas ekspor dan impor yang sangat berpotensi. Bahkan sobat zonakeren.com, bahan dapur jika sudah membahas mengenai bumbu, lada akan selalu muncul lada dalam barisannya. Lada adalah salah satu rempah-rempah yang tersebar dan sangat melimpah di tanah air.

Jika dilihat secara fisik, lada adalah buah keras berbentuk butiran-butiran. Memiliki ukuran kecil dan memiliki rasa kombinasi antara agak pahit, pedas, dan memberi efek menghangatkan bagi tubuh. Jika dibandingkan dengan rempah lain, harga lada bisa dibilang menjadi salah satu yang termahal. SIMAK JUGA: HARGA BUAH PER KG TERBARU.

Update Harga Lada Hitam dan Putih Terbaru Minggu Ini Lengkap per Kg Ons

Kita harusnya merasa bangga dengan Indonesia. Disini 85% produksi lada atau merica di tanah air diekspor ke mancanegara. Lada kini memang telah menjadi salah satu komoditas yang sangat potensial di pasar dunia. Bukan hanya berpotensi sebagai bahan mentah, kini sudah banyak dilakukan inovasi untuk produk lada. Diantaranya adalah munculnya lada bubuk siap pakai yang dikemas bagus banyak tersebar di pasaran. Ini akan lebih memudahkan dalam menggunakannya, kalian tidak perlu repot-repot menghaluskan lada sendiri di rumah dan langsung tuang.

Ada beberapa jenis lada. Namun yang akan kita bahas kali ini dua macam saja. Ada banyak sekali jenis lada yang banyak dibudidayakan para petani pemilik perkebunan di Indonesia. Namun, jenis lada tidak memberikan pengaruh yang cukup signifikan pada harga jual lada. Secara fisik, lada dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu adalah lada hitam dan lada putih.

BACA JUGA: HARGA ATK TERKINI BULAN INI.

Lada Hitam adalah jenis lada yang akan pertama kita bahas. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan lada putih karena keduanya berasal dari jenis pohon yang sama. Perbedaan kedua lada ini terletak pada cara pengolahan lada itu sendiri. Lada hitam adalah lada yang berasal dari biji lada setengah matang yang dipanen dan kemudian dikeringkan hingga bijinya berkerut dan berwarna hitam.

Harga lada hitam di pasaran umumnya lebih murah dibandingkan dengan lada putih, ini dikarenakan proses pengolahannya memang jauh lebih sederhana dibandingkan dengan lada putih. walaupun memiliki harga yang lebih murah, rasa lada hitam juga tak kalah menggugah selera dari lada putih. Jika dibandingkan, lada hitam memiliki aroma lebih tajam dan juga rasa yang lebih kompleks. Untuk rasa pedas sayangnya lebih rendah dibandingkan dengan lada putih. Kalian juga dapat membeli lada hitam dalam kemasan dan berupa bubuk. Apalagi harga lada hitam bubuk tidak jauh berbeda dari lada hitam biasa. Untuk produk lokal kita bisa membelinya dengan kisaran harga mulai dari Rp. 2000 rupiah saja.

Lalu ada lada putih yang menjadi pasangan dari lada hitam. Pengolahan lada putih memiliki langkah yang bisa dikatakan lebih sulit dibandingkan dengan pengolahan lada hitam. Ini pula yang menyebabkan mengapa harga lada putih bisa lebih tinggi dibandingkan dengan harga lada hitam. Lada putih juga sama-sama berasal dari biji lada yang sudah matang. Lalu kemudian biji yang dipanen tersebut direndam dalam air dengan tujuan agar kulitnya mudah dikelupas. Setelah itu, lada yang telah dibersihkan kemudian dikeringkan baik dengan sinar matahari maupun metode modern pengeringan lainnya, dan setelah kering dihasilkanlah lada putih.

BACA JUGA: DAFTAR HARGA KERTAS PLANO TERBARU PER RIM.

Harga Lada Hitam dan Lada Putih per Kg Terbaru

Rasa yang lebih halus jika dibandingkan lada hitam juga menjadi salah satu penyebab harga lada putih lebih mahal. Rasa yang dimiliki oleh lada putih juga jauh lebih pedas dibandingkan lada hitam. Harga lada putih di pasaran berkisar Rp 50.000 hingga Rp 118.000 untuk lada putih. Dan untuk lada hitam sekitar Rp 30.000 hingga Rp 82.000 per kg. Tentu saja harga lada putih dan hitam tersebut dapat bervariasi dan berubah sesuai kondisi dan permintaan pasar.

HARGA LADA HITAM DAN LADA PUTIH TERBARU

Wilayah Harga Jenis
Aceh Rp 37.700 Lada Hitam
Rp 58.900 Lada Putih
Sarawak Rp 45.000 Lada Hitam
Rp 82.500 Lada Putih
Malaysia Rp 45.000 Lada Hitam
Rp 82.500 Lada Putih
Lampung Rp 43.400 Lada Hitam
Rp 59.400 Lada Putih
Sabah Rp 52.000 Lada Hitam
Rp 79.700 Lada Putih
Sultra Rp 42.400 Lada Hitam
Rp 61.300 Lada Putih
Makassar Rp 42.400 Lada Hitam
Rp 63.600 Lada Putih
Yogyakarta (DIY) Rp 44.800 Lada Hitam
Rp 63.600 Lada Putih
Indonesia (secara umum) Rp 46.000 Lada Hitam
Rp 62.800 Lada Putih
Bangka Belitung Rp 42.400 Lada Hitam
Rp 58.900 Lada Putih
Jakarta Rp 49.700 Lada Hitam
Rp 77.350 Lada Putih
Pontianak (Kalbar) Rp 35.000 Lada Hitam
Rp 53.500 Lada Putih
Surabaya Rp 46.400 Lada Hitam
Rp 69.600 Lada Putih
Pangkalpinang Rp 43.800 Lada Hitam
Rp 54.800 Lada Putih
Pasar dunia Rp 91.950 Lada Hitam
Rp 117.900 Lada Putih
Eropa (harga 1 ons bubuk) Rp 18.000 Lada Hitam
Rp 23.000 Lada Putih

Selesai sudah ulasan kami terkait harga lada hitam dan lada putih terkini di website ZONAKEREN.COM ini. Semoga bermanfaat bago sobat ZOKER semuanya. Jangan lupa lihat juga harga tespek terbaru di apotik, alat deteksi kehamilan yang praktis, murah dan akurat.