Harga Kayu Sengon Terbaru November 2019



Harga Kayu Sengon Terbaru November 2019. Update harga pasaran kayu sengon terkini per meter untuk diameter 20-24, 25-29, 30-39, 40-49 dan 50-59 cm minggu ini. Sobat zonakeren.com, umumnya kita akan mengetahui bahwa kayu yang biasa digunakan sebagai bahan bangunan adalah kayu jati atau kayu mahoni. Namun bukan hanya kayu-kayu populer tersebut, ada kayu-kayu jenis lain yang juga tak kalah kuat atau bermanfaat. Salah satunya adalah kayu sengon. Tak heran jika banyak yang mencari informasi tentang harga kayu sengon dengan berbagai panjang dan diameter.

Kayu sengon adalah jenis kayu yang mudah ditemui dan ada di daerah tropis. Akan lebih sering lagi ditemui tumbuh subur di pulau Jawa. Kayu sengon juga dikenal dengan nama kayu Albasia yang memiliki masa panen 4 sampai 5 tahun. Kayu sengon memiliki ciri-ciri diantaranya adalah kayunya berjenis kayu lunak sehingga terasa empuk ketika dipegang oleh tangan kosong. Sebelumnya juga pernah kami tampilkan daftar harga kayu gaharu per kg terbaru, kayu damar wangi yang banyak diburu pecinta kayu yang mengeluarkan aroma harum.

Update Harga Kayu Sengon Terbaru Minggu Ini per Meter berbagai Diameter

HARGA KAYU SENGON TERANYAR. Walaupun cenderung empuk, tekstur kayu ini juga berasa agak kasar dengan bagian tengah yang berwarna putih dan juga cokelat muda. Jika kita melakukan penebangan pada batang pohonnya, maka akan secara langsung tercium bau mirip dengan kayu petai. Namun akan berbeda jika kayu telah mongering, karena bau petai yang sebelumnya ada akan hilang dengan sendirinya.

Kita akan dengan mudah mendapati kayu sengon disekitar lingkungan tempat tinggal mulai dari lapangan terbuka hingga pinggir-pinggir jalan. Keunggulan dari kayu sengon ini sendiri diantaranya adalah kayu dari pohon ini memiliki karakter yang lurus dan ringan sekaligus. Ini pula yang menyebabkannya menjadi mudah sekali dibentuk. Jika dibandingkan dengan mahoni, kayu sengon memiliki kubikasi lebih tinggi dan batang bebas cabangnya bisa sampai 20 meter.

SIMAK JUGA: UPDATE HARGA JERUK NIPIS PER KG DAN LIST HARGA LEMON TERBARU BULAN INI.

Kayu sengon kera dijadikan bahan bangunan. Namun bukan berarti kayu ini mahal, karena jika dibandingkan dengan kayu dari pohon jenis lain, kayu sengon tergolong cukup murah. Kayu sengon kerap juga digunakan sebagai tambahan bahan pembangunan tiang pancang ataupun kontruksi ringan lain. Biasanya jika memakai kayu sengon sebagai bahan bangunan, terlebih dahulu akan dilakukan proses pengawetan agar lebih kuat.

Proses pengawetan kayu sengon sendiri membutuhkan proses yang cukup panjang. Ini disebabkan karena kayu akan melalui proses peleburan,penyemprotan, perendaman air dingin dan juga air panas. Yang kemudian dilanjutkan dengan disfusi dan baru kemudian divakum.

LIHAT JUGA: ANEKA HARGA HASIL KEBUN MULAI DARI HARGA PISANG PER SISIR, ADA JUGA HARGA SINGKONG TERBARU DI PASARAN DAN HARGA JAGUNG PER KG DI BERBAGAI WILAYAH INDONESIA.

Kayu sengon memang tidak asing penggunaannya di tengah masyarakat dan memiliki harga yang cukup terjangkau. Jika kayu ini dikeringkan dan melalui proses perendaman seperti cara pengawetan sebelumnya, maka kayu sengon bisa bertahan hingga 30 sampai 45 tahun lamanya.

Harga Kayu Sengon per Meter Terbaru

Kayu sengon yang dijual di pasaran biasa dijual dalam bentuk gelondongan. Pada gelondongan dengan ukuran 1 meter, harga paling umum untuk kayu sengon per meter akan dipatok mulai dari 800.000 rupiah hingga jutaan rupiah. Harga ini akan terpengaruh apabila diameter dan kualitasnya berbeda. Semakin mahal berarti semakin besar, dan juga kualitasnya pasti semakin bagus.


DAFTAR HARGA KAYU SENGON PER METER

  • Diameter 20 – 24 cm, harga sekitar: Rp 800.000
  • Diameter 25 – 29 cm, harga sekitar: Rp 850.000
  • Diameter 30 – 39 cm, harga sekitar: Rp 900.000
  • Diameter 40 – 49 cm, harga sekitar: Rp 950.000
  • Diameter 50 – 59 cm, harga sekitar: Rp 1.000.000

Harga kayu sengon terbaru per meter di atas untuk daerah yang berbeda harganya juga bisa berbeda dan mengalami naik atau turun harga karena berbagai faktor.

Bukan hanya kayunya, daun dari pohon sengon juga bisa kita manfaatkan. Di dalam daun sengon terdapat protein yang sangat tinggi. Ini pula yang membuat daun sengon kerap dijadikan bahan pakan ternak alami. Biasanya digunakan untuk pakan ternak sapi, kerbau ataupun kambing. Daun sengon juga cukup baik untuk menyerap nitrogen dan karbondioksida, sehingga udara di sekitarnya akan lebih bersih.

IKUTI JUGA: PERKEMBANGAN HARGA BERBAGAI KOMODITAS PERDAGANGAN, SEPERTI HARGA KEMIRI TERBARU, DAFTAR HARGA KELAPA SAAT INI SERTA HARGA PINANG PER KG TERLENGKAP.

Sebagai tambahan informasi, rupanya bukan hanya berguna sebagai bahan bangunan ataupun makanan ternak, akar dari pohon sengon juga sangat berguna untuk menyuburkan tanah. Akar sengon memiliki nodul akar yang membantu porositas tanah. Akar dari pohon ini juga tidak terlalu besar dan dapat menyimpan banyak nitrogen di dalamnya.