Harga Jagung per Kg Terbaru November 2019



Harga Jagung per Kg Terbaru November 2019. Update harga pasaran jagung di berbagai kota di Indonesia saat ini. Bagaimana prediksi harga jagung kedepan, bulan dan tahun depan? Sobat zonakeren.com pasti sudah tidak asing dengan jagung. Tanaman yang menyebar hampir diseluruh negara ini bahkan menjadi makanan pokok di beberapa daerah. Jagung adalah salah satu bahan pangan yang mengandung karbohidrat paling penting di dunia. Ini juga menjadikan padi berada di barisan yang sama dengan gandum dan juga padi. Menyusul info harga pinang kering per kg yang sudah kami tayangkan, hari ini kami akan menghadirkan list harga jagung lengkap minggu ini.

Sebagai tambahan informasi, jagung rupanya dapat diolah menjadi makanan dan produk turunan lainnya. Tak jarang kita juga dapat menemukan tepung jagung di berbagai toko kelontong di dekat rumah kita. Tepung jagung ini dapat diolah menjadi berbagai macam olahan seperti kue, dan campuran kudapan lezat lainnya. Bukan hanya makanan, jagung juga dapat menghasilkan minyak yang juga bermanfaat bagi hidup manusia.

Update Harga Jagung Terbaru Minggu Ini Lengkap per Kg

UPDATE DAFTAR HARGA JAGUNG TERKINI. Jika menilik pada sejarahnya, jagung adalah salah satu tanaman primitif yang telah ada sejak 7000 tahun yang lalu. Lokasi budidaya yang paling populer pada zaman itu adalah di bagian selatan Meksiko, Amerika Tengah. Para arkeolog juga sempat menemukan sisa-sisa tongkol jagung di sekitar gua bernama Guila Naquitz di lembah Oxaca. Tongkol jagung yang ditemukan ini diperkirakan berusia 6250 tahun. Temuan bersejarah ini juga mendapat predikat sebagai tongkol jagung tertua di Meksiko.

BACA JUGA: UPDATE HARGA KELAPA TERBARU DAN HARGA KOPRA PER KG DI PASARAN.

Sementara itu, jauh sebelum ada budidaya jagung yang populer di Meksiko, rupanya suku Olmek dan Maya diduga telah membudidayakan tanaman jagung ini di seantero Amerika Tengah bahkan mulai sejak 10.000 tahun yang lalu. Ini dapat memberikan kesimpulan bahwa pada saat itu juga masyarakat maya dan Olmek sudah mengenal berbagai teknik pengolahan hasil.

Jagung yang awalnya dikenal di daratan Amerika, mendapatkan pengembaraannya menuju Asia. Apalagi pada era terbentuknya jalur barat yang dipelopori oleh armada laut yang dipimpin oleh Magellan yang memiliki rute pelayaran melintasi Samudera Pasifik. Ketika berada di tempat-tempat baru yang dilewatinya inilah tanaman jagung malah menjadi relatif mudah beradaptasi. Ini dikarenakan tanaman jagung adalah tanaman yang memiliki plastisitas fenotipe yang tinggi.

Kedatangannya di wilayah Nusantara kita sendiri diperkirakan datang pada abad ke 16. Dimana pada zaman itu Portugis masih menjajah Indonesia. Ini pula yang menyebabkan pemberian nama untuk tanaman ini menjadi bermacam-macam di setiap daerahnya.

Bukan hanya untuk bahan makanan masyarakat di dunia, jagung juga dapat diolah menjadi bahan makanan ternak. Baik untuk hewan ternak mamalia maupun unggas. Mulai diolah menjadi makanan utama maupun bahan tambahan.

SIMAK JUGA: DAFTAR HARGA CENGKEH TERANYAR BULAN INI.

Sesuai dengan perkembangan zaman, jagung kini telah memiliki berbagai macam jenis. Bahkan jika dilihat dari asal-usulnya, jagung dapat dibedakan menjadi:

  • Jagung Galur Murni, adalah jagung hasil seleksi terbaik dari galur-galur yang terpilih
  • Jagung Komposit, adalah jagung yang berasal dari campuran beberapa populasi jagung unggul yang sebelumnya diseleksi terlebih dahulu untuk mendapatkan keseragaman dan sifat-sifat unggul
  • Jagung Identik, adalah jenis jagung yang dibuat dari gabungan beberapa jagung yang memiliki keunggulan dan mirip
  • Jagung Hibrida, adalah salah satu jenis jagung yang merupakan keturunan langsung dari persilangan dua, tiga, atau empat galur yang akhirnya menghasilkan efek heterosis.

Harga Jagung per Kg Terbaru

Harga jagung di pasaran berkisar antara harga Rp. 3.000 – 3.500 per kilogram. Harga ini bisa dikatakan cukup tinggi mengingat sebelumnya pernah anjlok. Ini diduga akibat dari musim panas yang berkepanjangan.

HARGA JAGUNG DI BERBAGAI DAERAH DI INDONESIA

No. Daerah Harga per Kg
1 Tasikmalaya Rp 3.200
2 Bandung Rp 3.100
3 Medan Rp 3.200
4 Semarang Rp 3.100
5 Palembang Rp 3.100
6 Makassar Rp 3.400
7 Batam Rp 3.400
8 Pekanbaru Rp 3.200
9 Lampung Rp 3.200
10 Malang Rp 3.300
11 Padang Rp 3.400
12 Denpasar Rp 3.200
13 Samarinda Rp 3.400
14 Surabaya Rp 3.400
15 Serang Rp 3.200
16 Banjarmasin Rp 3.400
17 Pontianak Rp 3.600
18 Balikpapan Rp 3.200
19 Jambi Rp 3.320
20 Payakumbuh Rp 3.250
21 Blitar Rp 3.350
22 Jawa Tengah Rp 3.200
23 Jawa Timur Rp 3.400
24 Jombang Rp 3.350
25 Madura Rp 3.300
26 NTB Rp 3.400
27 Nasional Rp 3.500

Harga jagung terkini di atas bisa naik dan turun sewaktu-waktu. Daerah satu dan lainnya pun bisa saja menerapkan harga jagung yang berbeda karena banyak faktor.

Jangan lupa simak juga harga lada hitam dan lada putih terbaru, salah satu komoditas perdagangan yang turut meramaikan produk ekspor dan impor dunia.



harga jagung november 2019