Harga Pinang Kering per Kg Terbaru November 2019



Harga Pinang Kering per Kg Terbaru November 2019. Update harga terkini pinang kering dan utuh per kilogram di pasaran lokal. Jual beli pinang kering dewasa ini tak hanya dilakukan secara tradisional, atau secara manual dan offline. Banyak penjual yang kini juga menjual pinang kering secara online seiring dengan perkembangan teknologi. Hal itu juga didorong oleh banyaknya konsumen yang mencari info prediksi harga pinang kering di internet secara online. Karena itulah, minggu ini tim website harga terkini ZONAKEREN.COM akan menyajikan berita harga pinang kering, setelah sebelumnya telah kami kabarkan daftar harga kelapa terbaru bulan ini.

Pinang yang merupakan buah dari pohon yang masih sejenis dengan palem-paleman ini memang menjadi salah satu komoditas lokal yang kini cukup digemari juga oleh konsumen luar negeri. Tahukah sobat, jika pinang memiliki nama ilmiah Areca catechu dan sudah dikenal bisa menjadi obat alternatif atau herbal yang berkhasiat. Tidak terbatas pada makanan saja, namun lebih dari itu, kandungan pinang juga baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Maka kita tidak akan heran jika kini banyak sekali pembudidaya tanaman ini.

Update Harga Pinang Kering Terbaru Minggu Ini Lengkap per Kg

Pinang termasuk kedalam jenis tanaman soliter atau dapat tumbuh secara individual. Memiliki batang tunggal yang lurus dan mampu mencapai ukuran tinggi 20 hingga 30 meter dengan diameter masing-masing pohonnya antara 25 hingga 30 cm. Pada batangnya kita akan menemui ruas bekas daun yang disebut nodus. Semakin rapat jarak antar ruas batang maka akan makin baik. Bunga dari pohon pinang memiliki satu rangkaian bunga antara bunga jantan dan bunga betina. Bunga betina akan ditemui terletak pada bagian dasar dari tangkai rangkaian bunga, sedangkan bunga jantan memiliki ukuran yang lebih kecil dengan jumlah banyak dan terletak menyebar meluas, mulai dari bagian luar hingga bagian ujung tangkai rangkaian bunga.

BACA JUGA: HARGA KOPRA PER KG MINGGU INI.

Buah pinang juga termasuk dalam buah drupe atau bisa disebut juga sebagai buah batu. Lapisan bagian dalamnya tebal dan juga keras mirip seperti batu. Buahnya berwarna kuning sampai oranye jika sudah masak. Luaran bersabut dengan ketebalan 5 hingga 6 mm. Bijinya memiliki bentuk lonjong bulat.

Pinang adalah salah satu jenis tanaman kelapa yang dapat ditemukan di daerah Tiongkok, India, Asia Tenggara, dan juga di daerah tropis Afrika. Jika kita pernah melihat tayangan televisi mengenai gigi kemerahan karena mengunyah biji pinang, maka itu adalah aktivitas real yang populer pada zaman dahulu, dan bahkan tidak menutup kemungkinan masih sering dilakukan bagi masyarakat hingga saat ini terutama yang tinggal di pedesaan. Ada banyak cara untuk dapat mengambil manfaat dari biji buah pinang. Ada yang langsung menggunakannya untuk berbagai pengobatan mulai dari cara dimakan mentah, dikeringkan, direbus, ataupun dibakar.

Manfaat Pinang untuk Kesehatan

Beberapa manfaat biji buah pinang yang diyakini oleh masyarakat adalah mengatasi masuk angin, mengurangi masalah pencernaan, menghilangkan kadar racun di tubuh, menghilangkan dahak, menyingkirkan bau tak sedap di mulut dan juga meningkatkan nafsu makan. Bagi pengidap skizofernia, penggunaan biji pinang dapat menjadi salah satu obat relaksasi karena efek stimulasinya yang bekerja pada sistem saraf pusat dapat meningkatkan kewaspadaan dan juga stamina.

Belum ada penelitian yang dirasa cukup untuk membahas mengenai bagaimana cara kerja tanaman herbal satu ini. Namun, beberapa penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa pinang dapat memengaruhi zat kimia dalam otak dan bagian lain sistem saraf pusat. Ini adalah salah satu yang menjadi penyebab adanya efek psikiatrik, efek sistem saraf parasimpatik dan efek fungsi tiroid.

BACA JUGA: HARGA LADA HITAM DAN PUTIH TERBARU.

Bukan hanya itu, ada penelitian ilmiah lain yang menyimpulkan bahwa di dalam biji pinang mengandung proantosianidin, yang merupakan suatu tannin terkondensasi dan termasuk dalam golongan flavonoid. Proantosianidin sendiri diinformasikan mempunyai efek antibakteri, antivirus, antikarsinogenik, antiradang, antialergi, dan juga vasodilatasi.

Harga Pinang Kering per Kg Terbaru

Harga pinang di pasaran bermacam-macam tergantung dari variannya. Jika untuk pinang kering iris koin, harganya adalah sekitar Rp 20.000-an per kilogram. Pinang utuh ataupun bijinya biasa juga ditemui dijual dengan harga yang cukup murah mulai dari harga Rp 7.000 rupiah per kilogram.

Seperti halnya harga cengkeh per kg, daftar harga pinang kering di atas juga bisa mengalami perubahan karena berbagai faktot seperti cuaca, lokasi, ketersediaan barang, kondisi dan permintaan pasar akan pinang, serta faktor lainnya yang tidak dapat kami sebutan satu per satu.