Harga Cengkeh per Kg Terbaru November 2019



Harga Cengkeh per Kg Terbaru November 2019. Update harga cengkih basah dan cengkeh kering terkini per kilogram di pasaran saat ini. Prediksi harga cengkeh untuk bulan depan atau tahun depan barangkali sedang sobat cari informasinya. Tahukah sobat zonakeren.com, jika tanaman rempah yang sudah sejak lama menjadi tanaman yang dibudidayakkan oleh masyarakat indonesia ini memiliki banyak manfaat dan dapat digunakan untuk berbagai macam campuran dalam masakan dan olahan lainnya. Sifatnya yang menghangatkan dan memiliki aroma khas yang nikmat dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmatnya. Seperti halnya harga lada hitam & lada putih, nyatanya banyak orang yang mencari info lengkap kertas plano kering dan basah per kilo-nya. Tak mengherankan, karena keduanya merupakan produk komoditas ekspor yang luar biasa potensinya bagi perekonomian negeri ini.

Cengkeh atau cengkih awalnya berada di daerah Maluku dan mulai keluar pada tahun 1700-an. Menurut sejarah, bibit dari tanaman cengkeh awalnya diselundupkan oleh seorang kapten dari Prancis menuju ke Rumania. Dan kemudian disebarkan ke Zanzibar dan area Madagaskar. Hingga pada akhirnya kini kita dapat mengetahui bahwa tanaman ini telah menyebar ke seluruh dunia.

Update Harga Cengkeh Kering Basah Terbaru Minggu Ini Lengkap per Kg

Tanaman ini memiliki nama ilmiah Eugenia caryophyllus. Cengkeh adalah salah satu tanaman perkebunan yang jika dirawat dapat mencapai ketinggian hingga 20 meter. Jika masih muda, daunnya akan berwarna merah muda terang. Dan akan berubah menjadi menjadi hijau kekuningan dan mengeras setelah cukup tua. Umumnya kita mengetahui bahwa biasanya yang diambil dari tanaman ini adalah bagian bunganya. Uniknya, bunga dari tanaman cengkeh selalu berkelompok mulai tiga hingga mencapai sepuluh tangkai. Dan di setiap tangkainya masing-masing akan memiliki tiga kuntum bunga. LIHAT JUGA: HARGA BUAH TERBARU PER KG DI PASAR LOKAL.

Bunga cengkeh biasanya dimanfaatkan sebagai tambahan berbagai masakan seperti, sop konro, semur ayam, dan masih banyak lagi. Bukan hanya bumbu masak, cengkeh juga sering digunakan sebagai obat tradisional. Bahkan jika di eropa, mereka menggunakan cengkeh sebagai wewangian dan mengawetkan bahan pangan mereka secara alami.

Bukan hanya di bagian bunganya, tanaman cengkeh ini memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan di hampir seluruh bagiannya bisa digunakan untuk campuran-campuran tertentu. Seperti misalnya daun cengkeh. Daun ini memiliki manfaat untuk obat herbal. Daun cengkeh memiliki berbagai macam zat yang terkandung di dalamnya. Sebagai contoh di antaranya adalah kandungan antioksidan, zat espektoran, eugenol, antiseptik, flavonoid, dan masih banyak lagi.

Kita juga sering sekali menemui cengkeh diolah menjadi minyak cengkeh yang mengandung banyak sekali manfaat. Minyak jenis ini merupakan minyak atsiri yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan alternatif. Zat yang terkandung di dalamnya di antaranya adalah antibiotik, anti-virus, anti-jamur dan juga memiliki khasiat penting sebagai antiseptik. Penelitian terbaru adalah ditemukannya eugenol di dalamnya sekitar 60-90%. Kandungan lain yang juga dapat ditemui dan terdapat di dalam cengkeh adalah zat mangan, asam lemak omega 3, magnesium, potasium dan juga kalsium. BACA JUGA: HARGA TEST PACK DI APOTIK MINGGU INI.

Harga Cengkeh per Kg Terbaru

Hmm.., lantas berapakah kisaran harga cengkeh terbaru saat ini di pasaran? Sayangnya saat ini harga buah tanaman ini merosot turun menjadi Rp 70.000 per kilogram. Itu untuk cengkeh kering, sedangkan untuk yang basah berkisar Rp 21.000 per kilogram. Padahal sebelumnya harga cengkeh kering dapat menyentuh Rp 90.000,- per kilogram.

PERKIRAAN HARGA CENGKEH PER KG TERBARU:

  • HARGA CENGKEH BASAH: RP 21.000
  • HARGA CENGKEH KERING: RP 70.000

Bagaimana pun juga, yang namanya harga jual beli cengkeh tentu akan selalu mengalami fluktuasi atau perubahan. Bisa saja turun kemudian naik lagi, dimana hal tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk lokasi, ketersediaan dan permintaan pasar, serta hal lainnya yang dapat mempengaruhi naik turunnya harga cengkeh lokal dan dunia internasional.

Bicara di luar soal harga, sejatinya cengkeh juga memiliki kandungan eugenol di dalamnya. Kandungan ini dapat mengobati jerawat dan juga menghilangkan bekas-bekasnya. Euganol adalah zat antiseptik yang dapat digunakan sebagai pelembab kulit. Zat yang di dapat dari bahan dapat mengangkat flek-flek ataupun noda hitam pada kulit kita. Bukan hanya itu, sifat anti-bakterinya juga mampu mematikan bakteri lain yang menjadi penyebab terjadinya jerawat yang bandel. Uniknya, sifat anti bakteri yang dimiliki oleh euganol ini juga sama dengan anti-bakteri yang ada di dalam jeruk nipis, bawang putih dan juga daun sirih. Kita dapat mendapatkan manfaat ini dengan cara menggunakan minyak cengkeh. Cukup dengan mengoleskan minyak cengkeh pada area wajah kita yang menjadi tempat jerawat. SIMAK JUGA: HARGA ALAT TULIS KANTOR.