Harga Jahe per Kg Terbaru November 2019



Harga Jahe per Kg Terbaru November 2019. Update kisaran harga jahe merah minggu ini di pasaran. Perkiraan prediksi harga terkini komoditas tanaman herbal jahe yang memiliki banyak manfaat serta khasiatnya khususnya untuk kesehatan dan kecantikan. Nah, ngomong-ngomong soal jahe, kami yakin sobat zonakeren rata-rata pernah menyruput wedang jahe hangat. Rasanya, hangat, nikmat dan mantab!

Agar referensi info harga di ZONAKEREN.COM ini semakin lengkap, maka kami tim admin yang tamvan rupawan akan memberikan sobat ZOKER kabar harga jahe terbaru saat ini di pasar lokal. Dimana di pasar-pasar dapat dengan mudah ditemukan jahe dan semoga saja informasi ini nantinya akan melengkapi update harga serai wangi, daftar harga mentimun dan pala per kg, serta komoditas perdagangan lainnya yang memiliki nilai dan potensi ekonomis, sebut saja cengkeh dan aneka lada terbaru.

Update Harga Jahe Terbaru Minggu ini Lengkap per Kg Jaher Merah

Banyaknya jenis tanaman herbal di sekitar kita tidak mengalahkan popularitas jahe sebagai obat tradisional bahkan diduga telah dimanfaatkan semenjak ribuan tahun yang lalu. Ini bukanlah kelebihan yang terlepas dari manfaatnya yang dapat diambil sebagai herbal pengurang berbagai macam penyakit dan dapat menjaga kesehatan tubuh.

Jahe adalah salah satu tanaman obat yang fisiknya berupa tumbuhan dengan rumpun berbatang semu. Berasal dari daerah Asia Pasifik dan tersebar dari dataran India sampai daratan Tiongkok. Tahukah sobat jika negeri Tiongkok sebenarnya telah dianggap menjadi bangsa yang pertama kali dapat memanfaatkan jahe secara maksimal sebagai sumber obat-obatan dan kesehatan tubuh. Masyarakat Tiongkok juga sering sekali memanfaatkan jahe sebagai bahan makanan, miuman dan bumbu-bumbu tradisional yang kaya akan banyak manfaat.

Tanaman ini juga merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan dengan nama ilmiah yaitu Zingiber officinale. Jahe juga merupakan anggota dari keluarga temuan lainnya semacam temu lawak yang memiliki nama ilmiah Curcuma xanthorrizla, dan juga temuan seperti kunyit yang memiliki nama latin Curcuma domestika. Di Indonesia sendiri, jahe juga memiliki beberapa nama sebutan yang berbeda di setiap daerahnya. Di Aceh, masyarakat setempat menyebut jahe dengan halia, sedangkan di daerah jawa dan bali menyebutnya dengan jae.

Jahe adalah salah satu umbi tanaman yang cukup populer dan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Jahe umumnya memiliki banyak sekali jenis. Mulai dari jahe merah, jahe emprit dan nama-nama unik lainnya.


Karakteristik dari tanaman jahe ini di antaranya adalah memiliki daun berwarna hijau dengan bentuk lonjong lancip. Daunnya menyerupai daun rumput dan saling seling antara tulang daun. Batangnya memiliki warna hijau dan daun tanaman jahe ini termasuk daun lengkap karena pada setiap tanamannya terdapat helaian daun, tangkai, serta upih daun. Jika dilihat pada bagian batang, jahe memiliki batang berwarna hijau. Batangnya tidak berkayu dan merupakan batang semu. Sobat zona keren akan dapat menemui banyak air terkandung pada batangnya. Jika dibelah, di dalamnya akan terlihat seperti selendang daun yang memiliki pelepah dan selendang yang berlapis-lapis, dimana lapisan ini biasanya juga akan menjadi daun di kemudian hari.

Bunga dari tanaman ini juga berbentuk bulat seperti telur. Memiliki mahkota yang berbentuk tabung. Berwarna kekuningan dan jumlah daun mahkotanya ada tiga buah. Uniknya, tanaman jahe rupanya memiliki dua jenis kelamin yang membuatnya masuk ke dalam salah satu jenis tanaman sempurna.

SIMAK JUGA: KOMODITI PERDAGANGAN DENGAN HARGA LUAR BIASA FANTASTIS, SEBUT SAJA HARGA SARANG WALET DAN HARGA KAYU GAHARU PER KG YANG MENCAPAI RATUSAN JUTA RUPIAH!

Biasanya, para petani akan memilih dan memotong bagian tanaman jahe yang sehat dan tidak cacat. Bibit tanaman akan langsung dapat ditanam apabila telah dipilih dan menanamnya di tanah perkebunan yang diinginkan.

Harga Jahe per Kg Terbaru

Tanaman dengan ratusan manfaat ini dapat ditemui di pasar tradisional hingga supermarket dengan variasi kisaran harga antara Rp 20.000 – 30.000 an per kilogram. Bahkan untuk jahe dengan jenis-jenis tertentu seperti jahe merah, dapat mencapai harga Rp 50.000 per kilogram.

Selain dimanfaatkan untuk obat herbal, tanaman jahe banyak dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh. Kita akan sering menemui jahe sebagai salah satu bahan tambahan untuk minuman maupun makanan. Baik itu untuk diseduh maupun direbus. Sari jahe yang diminum dalam kondisi hangat akan dapat memberikan efek relaksasi dan pelega flu.

LIHAT JUGA: DAFTAR HARGA KAYU SENGON DAN UPDATE HARGA KAYU SECANG PER KG BULAN INI.

Semakin berkembangnya zaman, membuat tanaman ini juga menjadi salah satu primadona pabrik-pabrik untuk dapat meminimaliskan olahan jahe. Salah satunya adalah jahe instan yang sudah siap untuk di konsumsi hanya dengan menyeduhnya. Dengan harga yang terjangkau, rasanya juga tak kalah nikmat dan menghangatkan.