Harga Alpukat per Kg Terbaru Oktober 2020

Update Harga Alpukat per Kg Terbaru Bulan Ini

Harga Alpukat per Kg Terbaru Oktober 2020. Update harga pasaran buah avokad per kilogram untuk sobat ZONAKEREN.COM yang saat ini membutuhkan info ataupun ingin memprediksi harga jual beli apokat baik di pasar tradisional maupun supermarket. Seperti halnya dengan buah manggis, ternyata buah alpukat juga banyak yang menggemarinya.

Harga buah alpukat sering kali naik turun mengikuti kondisi pasar. Alpukat atau apokat atau disebut juga dengan Avokad memiliki nama ilmiah latin Persea americana. Alpukat merupakan tanaman penghasil buah yang nama buahnya sama dengan nama pohonnya. Tumbuhan alpukat berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah yang mana dewasa ini banyak dikembangkan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan ada juga yang memanfatkannya sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropis lainnya di dunia, termasuk di Indonesia.

Pohon apokat memiliki tinggi batang hingga 20 m, dengan daun berwarna hijau sepanjang 12 – 25 cm. Warna bunganya hijau kekuningan dengan lebar 5 – 10 milimeter. Ukurannya buah bervariasi antara 7 – 20 cm, dengan massa 100 – 1000 gram, serta memiliki ukuran biji dari 5 – 6,4 cm.

LIHAT JUGA: HARGA BUAH PISANG TERBARU DI PASARAN

Buah alpukat memiliki kulit lembut denagn tekstur tidak rata. Warnanya hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada jensi dan varietasnya. Daging buah apokat memiliki warna hijau muda dekat kulit, dan kuning muda dekat area biji, dengan tekstur yang lembut. Alpukat sering kali dikonsumsi dalam bentuk jus dan dalam dunai kecantikan sering digunakan sebagai masker alami untuk wajah.

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah alpukat memiliki banyak manfaat dan khasiat baik untuk kesehatan maupun kecantikan kulit.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Berdasarkan penelitian menyebutkan bahwa alpukat mentega menagndung senyawa lutein yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata, dan juga dapat meminimalisir risiko katarak.

2. Mengurangi Resiko Kanker

Dengan mengonsumsi alpukat secara rutin ternyata bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara dan kanker prostat. Hal ini disebabkan karena alpukat memiliki kandungan berupa senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas itu sendiri jika dibiarkan bisa merusak DNA dalam sel sehingga memicu terjadinya kanker.


3. Mencegah Sakit Jantung

Tahukan sobat jika alpukat nyatanya memiliki kandungan lemak baik dalam jumlah tinggi yang akan sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat serta mencegah terjadinya penaykit kardiovaskular.

4. Melancarkan Pencernaan

Alpukat juga dikenal mengandung serat alami yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Selain itu juga bermanfaat dalam melindungi permukaan lambung sehingga terhindar dari naiknya asam lambung.

5. Mencegah Depresi

Magnesium yang terkandung di dalam buah alpukat turut mmebantu dalam menjaga kesehatan mental serta mencegah stres dan juga deperesi. Menurunnta kadar magnesium dalam tubuh sobat bisa menimbulkan kecemasan. Kandungna vitamin B pada alpukat juga dapat menghasilkan serotonin dan dopamine yang sangat bagus untuk mengatasi kecemasan.

6. Mencegah Penyakit Diabetes

Alpukat juga berkhasiat dalam mengurangi risiko diabetes. Hal itu dikarenakan alpukat menagndung asam oleat yang turut membantu dalam mencegah terjadinya diabetes. Ditambah lagi dengan keberadaanl emak tak jenuh pada alpukat yang dapat mengurangi kadar trigliserida serta mengontrol kadar gula darah dalam tubuh sobat.

7. Mengatasi Peradangan Sendi

Alpukat mengandung senyawa pitosterol yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi, sehingga dapat mengurangi peradangan pada sendi.


8. Solusi untuk Bau Nafas Tak Sedap

Buah alpukat jika dikonsumsi secara rutin dapat bermanfaat membersihkan usus. Salah satu penyebab bau mulut adalah karena adanya gangguan kesehatan pada wilayah usus.

9. Menurunkan Kadar Kolesterol

Alpukat mengandung senyawa yang bernama beta-sitosterol. Kandungan ini berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh sobat.

10. Mencegah Pengapuran Tulang

Alpukat bermanfaat dalam menguatkan tulang, meningkatkan kepadatan tulang serta mencegah terjadinya pengapuran tulang. Hal ini disebabkan karena alpukat memiliki kandungan berbagai mineral mulai dari tembaga, kalsium, selenium, zinc hingga dan fosfor. Selain itu, alpukat juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang berkhasiat dalam mengurangi risiko defek kartilago sebagai gejala dari osteoarthritis.

11. Menjaga Kesehatan dan Kelembaban Kulit

Buah alpukat kaya akan vitamin E, vit. K serta zinc dan senyawa lainnya yang menyediakan berbagai nutrisi untuk kulit. Alpukat dapat dimanfaatkan sebagai bahan masker untuk untuk melembabkan kulit wajah sobat.

12. Mencegah Penuaan Dini

Penggunaan masker alpukat juga dapat digunakan sebagai solusi mencegah penuaan dini karena alpukat mengandungan kolagen. Kulit sobat akan menjadi lebah kencang dan kenyal serta masker alpukat dapat meremajakan kulit dan mencegah munculnya kerutan di wajah.

13. Mengatasi Kerutan Kelopak Mata

Kandungan vitamin E pada buah alpukat, ditambah dengan hydratingfats dan fatty acids dapat digunakan untuk melembabkan dan mengencangkan kulit kelopak mata. Sobat bisa menerapkannya sebagai masker alami.

14. Perawatan Kulit Kepala

Kandungan buah alpukat yang berupa vitamin dan asam lemak omega 3 akan menjadikan rambut sobat sehat, lembut dan berkilau. Sobat bisa mendapatakan manfaat tersebut dengan memanfaatkan alpukat sebagai masker rambut atau kepala.


Harga Alpukat per Kg Terbaru

Seperti yang telah disinggung di depan, harga avokad bisa naik turun sesuai kondisi pasar. Harga buah alpukat per kg di pasaran dijual mulai Rp 8.000 hingga 24.000 ketika sedang mahal. Rata-rata apokat dijual pada kisaran harga Rp 17.000 per kilo.

Perkiraan Harga Alpukat di Berbagai Daerah

Berikut ini adalah prediksi dan perkiraan harga buah alpukat per kg di berbagai wilayah tanah air.

WilayahHarga per-Kg
MedanRp 8.000
JambiRp 10.000
PontianakRp 12.000
BalikpapanRp 13.000
SerangRp 10.000
BanjarmasinRp 13.000
TasikmalayaRp 12.000
DenpasarRp 15.000
PadangRp 10.000
MalangRp 10.000
Pekan BaruRp 12.000
Bandar LampungRp 13.000
BatamRp 15.000
MakassarRp 11.000
JakartaRp 15.000
SurabayaRp 12.000
BandungRp 10.000
SemarangRp 9.000
PalembangRp 10.000
SamarindaRp 17.000

Harga buah avokad di atas bisa saja berubah, berbeda dan mengalami fluktuasi tanpa adanya pemberitahuan lebih lanjut. Untuk mendapatkan informasi harga aktual buah alpukat setiap kilo-nya dapat sobat survey lansgung di pasar atau toko buah terdekat di wilayah sobat. Jangan lupa simak juga perkembangan harga jeruk nipis per kg dan juga update harga lemon terkini.

Sementara itu, untuk harga bibit pohon alpukat mungkin bisa sobat dapatkan informasinya di marketplace online.


harga alpukat per kilo, PENGHASIL buah alkpukat