Harga Pala per Kg Terbaru November 2019



Harga Pala per Kg Terbaru November 2019. Update kisaran harga terkini pala lokal dan impor minggu ini di pasaran. Bagaimana prediksi harga pala beberapa bulan atau tahun depan per kilogram-nya? Salah satu komoditas perdagangan yang tak kalah berpotensinya dengan lada hitam dan putih per kg serta cengkeh kering dan basah per kg sehingga memiliki harga cukup tinggi. Walaupun tak setinggi harga sarang walet yang sangat fantastis. Makanya setiap hari diperkirakan pencarian informasi harga pala ini juga cukup tinggi dengan harga menggiurkan.

Jika kita menilik sejarah, Indonesia adalah salah satu sasaran para penjajah di masa lalu. Kenapa bisa begitu? Ini dikarenakan sumber daya alam di bumi Nusantara sangat melimpah dan menggiurkan bagi para orang luar. Begitu pula dengan tanaman khas Indonesia bernama Pala.

Update Harga Pala Terbaru Minggu ini Lengkap per Kg

HARGA PALA TERKINI. Pohon pala termasuk ke dalam salah satu spesies yang berasal dari genus Myristica. Pala atau yang memiliki nama ilmiah Myristica fragrans adalah spesies paling dicari dan juga penting secara komersial. Tanaman ini juga merupakan salah satu tanaman asli dari Kepulauan Banda, Maluku. Pala wangi juga diketahui dapat tumbuh di Pulau Penang, Malaysia dan juga Karibia.

Pala adalah salah satu jenis rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai bumbu dapur. Bukan hanya sebagai bumbu dapur, rupanya pala juga memiliki banyak manfaat bagi keberlangsungan hidup manusia, seperti sebagai bahan pengobatan.

SIMAK JUGA: PREDIKSI HARGA MENTIMUN TERBARU, LIST HARGA LEMON PER KG DAN JUGA UPDATE HARGA JERUK NIPIS YANG BISA SAJA NAIK TURUN BULAN DEPAN.

Tanaman pala adalah berasal dari sebuah pohon yang berkayu, yang memiliki rata-rata tinggi sekitar 10 hingga 20 meter. Pohon pala akan memunculkan tanda-tanda untuk mulai berbuah ketika telah menginjak berumur 7-9 tahun. Panen akan menjadi lebih maksimal ketika pohon sudah berumur 20 tahun.

Buah pala memiliki ciri-ciri fisik dengan warna hijau agak kekuning-kuningan. Kulitnya lumayan tipis dan memiliki isi daging tebal. Daging buah pala berwarna kuning pucat ataupun kuning kehijauan. Daging buah ini memiliki tekstur yang cukup padat dan bergetah inilah yang juga menimbulkan bau tajam. Jika kita menemui buah pala mulai pecah dagingnya bisa jadi buah itu matang di pohon. Ukuran satu buah pala bermacam-macam, rata-rata berdiameter antara 5-9 cm.

Harga Pala per Kg Terbaru

Harga pala di pasaran dapat kita temui mulai dari 40.000 an rupiah per kilogram untuk jenis pala lokal. Sedangkan untuk pala ekspor bisa mencapai 150.000 an rupiah per kilogram.


Sebutan pala sendiri sebenarnya digunakan untuk penyebutan biji-biji dari buah pala. Biji buah pala memiliki warna kecoklatan dan berbentuk agak lonjong seperti telur. Panjang dari biji ini sekitar 2-3 cm dan berat tak lebih dari 10 gram. Lalu keseluruhan buah pala pada bagian luarnya adalah bunga pala, ini adalah lapisan berwarna merah yang menyelimuti biji buah pala di bagian luarnya.

Manfaat dan Kegunaan Pala

Rempah-rempah pada zaman dulu tidak hanya cukup untuk digunakan sebagai tambahan bumbu dapur untuk masakan sehari-hari. Namun ada pula mitos kepercayaan bahwa aroma rempah-rempah di dunia ini berasal dari surga, sehingga sering digunakan dalam kegiatan ritual keagamaan untuk Dewa-Dewi kepercayaan masyarakat Yunani kuno pada zaman dahulu.

Semakin berkembangnya zaman, rempah-rempah juga berkembang fungsinya menjadi bahan bermanfaat lainnya. Mulai dari pengawet makanan, parfum hingga alat pembayaran atau tukar. Jika pada awalnya rempah-rempah inilah yang menguatkan ekonomi nusantara karena dapat bekerjasama dengan pedagang Arab dan Tiongkok, berbeda lagi kondisinya ketika masyarakat Eropa datang. Mereka kemudian mengakuisisi produksi rempah-rempah di Indonesia termasuk tanaman pala-nya.

LIHAT JUGA: HARGA PISANG LOKAL DAN IMPOR PER SISIR DAN PER TANDAN.

Pala juga memiliki nilai ekonomis yang cukup menjanjikan. Karena dimanfaatkan sebagai tambahan olahan. Biji pala paling banyak ditemui dan dapat dimanfaatkan untuk bumbu, minyak pala, bahan baku parfum, bahkan kosmetik serta bahan obat-obatan herbal. Bunga pala yang bernama fuli dapat digunakan sebagai bumbu masak, farfum dan juga tambahan bahan obat. Daging dari buah pala umumnya digunakan sebagai bahan membuat manisan buah dan sirup buah pala. Akhir-akhir ini semakin banyak produk yang memanfaatkan buah ini, seperti sebagai minyak esensial, oleoresin, dan juga butter pala.

Sobat ZOKER, demikianlah bahasan kami tentng manfaat dan harga pala per kilogram minggu ini. Semoga bermanfaat bagi sobat semuanya. Pastikan sobat juga mengikuti perkembangan harga komoditas kayu teranyar, mulai dari harga kayu secang di pasaran saat ini, update daftar harga kayu gaharu terbaru, dan tak ketinggalan pula harga kayu sengon per meter bulan ini, hanya di website ZONAKEREN.COM.