Harga Pisang Lokal dan Impor Terbaru November 2019



Harga Pisang Lokal dan Impor Terbaru November 2019. Update kisaran harga pisang per sisir dan tandan (tundun) di pasaran minggu ini. Mungkin ada sobat zonakeren.com yang bertanya dan penasaran bagaimana prediksi kisaran harga pisang impor dan lokal beberapa bulan atau tahun ke depan? Karena info harga pisang terbaru saat ini akan menjadi bahasan utama kita, setelah sebelumnya pernah kami tampilkan update daftar harga jagung terbaru dan juga harga kemiri per kg dari berbagai kota dan daerah di Indonesia.

Hai sobat ZOKER, buah-buahan yang menjadi salah satu komoditas umum dari daerah Lumajang ini merupakan salah satu makanan sehat yang mengenyangkan. Walaupun termasuk dalam buah-buahan, pisang juga dapat digunakan sebagai makanan utama. Tak hanya di Lumajang, nyatanya buah pisang juga sangat populer hampir di seluruh wilayah Indonesia, turut meramaikan pasaran harga buah-buahan lokal dan impor hari ini.

Update Harga Pisang Lokal Impor Terbaru Minggu Ini Lengkap per Sisir

HARGA BUAH PISANG TERKINI. Mengandung kombinasi dari karbohidrat, mineral, vitamin dan zat lain yang bermanfaat, pisang termasuk dalam buah yang sangat bergizi. Kandungan gizi yang termuat dalam satu buah pisang adalah 371 kjoules energi, atau bisa setara dengan 89 kalori. Ini membuat pisang sanggup untuk memberikan pasokan kebutuhan energi cadangan yang dapat digunakan setiap saat jika kita membutuhkannya. Uniknya, ketika kita merasa kelelahan pada otak, kita dapat mengkonsumsi pisang karena di dalamnya terkandung serotonin aktif sebagai neurotransmitter yang digunakan untuk menunjang kelancaran fungsi otak.

SIMAK JUGA: HARGA LADA HTAM DAN PUTIH TERBARU.

Sobat zona keren yang budiman, jika kita mencoba untuk membandingkan buah ini dengan makanan jenis lainnya, dalam pisang terdapat lebih bayak mineral khususnya besi yang dapat seluruhnya diserap oleh tubuh. Juga terdapat kandungan vitamin A yang cukup tinggi pada buah pisang jenis raja bulu, yang dicirikan dengan memiliki warna daging buah kuning agak kemerahan.

Menurut sejarahnya, buah ini diperkirakan berasal dari kawasan sekitar Asia Tenggara tepatnya di dataran tinggi Papua Nugini (new guinea). Ada beberapa pendapat para ahli yang memiliki anggapan bahwa buah ini adalah salah satu buah yang pertama kali dibudidayakan oleh manusia, bahkan mendahului era budidaya padi. Bukti tertulis yang ditemukan paling awal tentang keberadaan pisang terdapat di dalam tulisan-tulisan Buddhis Pali mulai dari abad ke-6 SM. Di sana terdapat informasi yang menunjukkan bahwa buah tersebut telah mencapai India ketika waktu itu. Bahkan pisang juga disebut di dalam kitab-kitab kuno yang beraneka ragamnya.

LIHAT JUGA: HARGA KELAPA TERBARU BULAN INI.

Tahukah sobat, bahwa sebenarnya pada awalnya, pisang memiliki warna merah dan hijau saja. Jika kita melihat warna kuning pada pisang saat ini, maka itu bisa disimpulkan adanya mutasi dari para ilmuwan terdahulu. Yang rupanya dilakukan oleh Jean Francois Poujot di tahun 1836.

Pisang adalah salah satu buah yang termasuk dalam tanaman semak berbatang semu atau juga disebut pseudostem. Pada setiap pohonnya, dapat memiliki tinggi yang bervariasi antara 1 hingga 4 meter, dan tentunya ini tergantung pada varietasnya. Tanaman pisang bersifat merumpun dan dapat tumbuh anakan pada posisi sekitar pohon paling tua. Daunnya berukuran lebar dan juga panjang. Tulang pada daun pisang berukuran besar. Dikarenakan tidak adanya ikatan pada tulang daunnya, maka membuatnya lebih cepat robek. Memiliki batang berbonggol dengan ukuran besar. Bonggol ini juga menjadi tempat tumbuhnya tunas-tunas anakan.

BACA JUGA: HARGA KOPRA DAN LIST HARGA CENGKEH MINGGU INI.

Buah pisang berasal dari bunganya. Dimana pohon pisang memiliki bunga tunggal di bagian atasnya tepatnya pada ujung batang dan hanya sekali berbunga selama hidupnya. Bunga pisang yang menggantung dan berwarna kuning keunguan disebut jantung. Pada setiap jantung pisang, di dalamnya terdiri dari satu atau banyak bakal buah. Memiliki kelopak sebagai perlindungan bunga bakal sisir-sisir pisang. Karena pisang adalah tanaman yang menyerbuk melalui seragga, membuat pisang terkadang tidak memiliki biji.

Harga Pisang Lokal dan Impor Terbaru

Harga pisang bermacam-macam sesuai dengan jenis, lokasi dan kelangkaannya. Karena jika kita bandingkan harga pisang di lumajang yang notabene adalah wilayah penghasil pisang, maka kita akan mendapatkan harga yang sangat murah mulai dari 5.000 rupiah saja per tandan. Sedangkan jika kita melihat harganya dari jenisnya, untuk pisang impor dapat ditemui dengan harga mulai dari 15.000 rupiah per tandan.

DAFTAR HARGA PISANG TERBARU

Jenis Pisang Harga (Rp)
Pisang Raja Rp 15.000 per sisir
Pisang Ambon Rp 40.000 per sisir
Pisang Kepok Rp 30.000 per sisir
Pisang Susu Rp 10.000 per sisir
Pisang Candi Rp 15.000 per sisir
Pisang Agung Rp 75.000 per sisir
Pisang Hijau Rp 15.000 per sisir
Pisang Mas Rp 17.000 per sisir
Pisang Cavendish Rp 2.500 per 100gr
Pisang Barangan Rp 29.000 per sisir
Rp Sunpride Pisang Rp 1.500 per 100gr
Pisang Raja Bulu Rp 2.000 per 100gr
Pisang Nangka Rp 8.000 per sisir

Update harga pisang terbaru baik untuk pisang impor maupun lokal di atas bisa saja berubah-ubah sewaktu-waktu mengikuti berbagai faktor di pasaran. Jangan lupa sobat untuk menyimak sejenak info harga pinang kering saat ini, serta bagi sobat yang tertarik dengan dunia digital printing mungkin bisa melihat daftar harga kertas plano dengan berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan, hanya di website update harga ZONAKEREN.COM.