Harga Kayu Gaharu per Kg Terbaru Desember 2019



Harga Kayu Gaharu per Kg Terbaru Desember 2019. Update kisaran harga damar wangi terkini minggu ini. Menurut sobat zonakeren.com, prediksi harga kayu gaharu ini akan naik atau justru turun pada bulan atau tahun depan? Tentu saja harga kayu gaharu (damar wangi) ini kedepannya bisa naik turun sesuai kondisi pasar dan aktivitas ekspor impor kayu gaharu. Sebelum kita lanjutkan bahasan tentang harga kayu gaharu, mungkin sobat ZOKER ada yang ingin melihat-lihat kabar terhangat harga jeruk nipis terbaru atau barangkali harga lemon per kg bulan ini.

Tahukah sobat, jika Indonesia sudah sejak lama terkenal akan sumber daya alam dan hasil buminya yang beraneka ragam. Ada beberapa jenis tumbuhan yang bahkan hanya dapat ditemui di Indonesia dan wilayah sekitarnya. Masih ingat dengan potongan syair “tongkat dan kayu pun jadi tanaman”. Faktanya, tanah di Indonesia dapat ditanami dengan baik untuk tumbuhan dari berbagai macam negara. Salah satunya adalah kayu yang diklaim hanya tumbuh di dataran kalimantan ini. Namanya pohon istimewa satu ini adalah pohon gaharu.

Update Harga Kayu Gaharu Terbaru Minggu Ini Damar Wangi per Kg

HARGA KAYU GAHARU TERKINI. Pohon dari kayu gaharu jika dilihat lebih detail akan ditemui bahwa bagian luarnya juga mirip seperti pohon-pohon kebanyakan. Daunnya berbentuk lancip alias meruncing pada bagian ujungnya. Pohon ini juga memiliki buah yang berbentuk bulat oval dengan ukuran panjang rata-rata sekitar 3 cm hingga 5 cm. Buah ini memiliki warna kemerahan dengan kulit yang sedikit berbulu.

SIMAK JUGA: HARGA KETELA POHON PER KG DAN DAFTAR HARGA PISANG TERBARU DI PASARAN.

Sobat zona keren yang tamvan, pohon gaharu memiliki bagian kayu yang memiliki kandungan resin di dalamnya. Unik sekali bukan? Para pemburu kayu ini rela untuk berhari-hari mengelilingi hutan demi mendapatkan kayu ini. Kayu ini memiliki hati atau bagian dalam yang kehitam-hitaman. Inilah yang menjadi incaran para pemburu kacu, karena sayangnya tidak semua pohon gaharu memiliki kayu dengan hati.

Berdasarkan studi dari Ng et al. (1997), ada beberapa jenis tanaman (pohon gaharu) yang menghasilkan resin gaharu apabila terinfeksi oleh kapang gaharu, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Aquilaria cumingiana, asal Indonesia dan Malaysia
  2. Aquilaria baneonsis, asal Vietnam
  3. Aquilaria malaccensis, asal Malaysia, Thailand, dan India
  4. Aquilaria microcarpa, asal Indonesia, Malaysia
  5. Aquilaria rostrata, asal Malaysia
  6. Aquilaria sinensis, asal Tiongkok
  7. Aquilaria crassna asal Malaysia, Thailand, dan Kamboja
  8. Aquilaria apiculina, asal Filipina
  9. Aquilaria filaria, asal Tiongkok
  10. Aquilaria grandiflora, asal Tiongkok
  11. Aquilaria hilata, asal Indonesia dan Malaysia
  12. Aquilaria khasiana, asal India
  13. Aquilaria beccarain, asal Indonesia
  14. Aquilaria subintegra, asal Thailand
  15. Aquilaria brachyantha, asal Malaysia
  16. Aquilaria baillonii, asal Thailand dan Kamboja

Keistimewaan kayu gaharu bukan hanya sebatas fisiknya yang unik, namun juga aromanya. Kayu ini adalah salah satu jenis kayu yang memiliki aroma wangi khas. Membuat kayu ini dapat dijadikan bahan pewangi dalam acara-acara adat tradisional di beberapa daerah di Indonesia. Bukan hanya itu, berbagai produk fashion juga memanfaatkan wangi dan keunikan dari kayu ini. Mulai dari gelang, kalung bahkan parfum. Ada beberapa produsen pula yang menggunakan tambahan kayu gaharu sebagai bahan shampoo dan produk kecantikan lain.

JANGAN LEWATKAN: LIST HARGA KEMIRI TERBARU DAN UPDATE HARGA JAGUNG PER KG HARI INI.

Untuk bidang kesehatan medis, kayu gaharu juga dimanfaatkan sebagai bahan penyembuh dan pereda stress. Bukan hanya penyakit ringan, para peneliti juga semakin mengembangkan kayu ini menjadi salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit berat semacam kanker dan tumor.

Harga Kayu Gaharu per Kg Terbaru

Keistimewaan yang beraneka ragam dari kayu gaharu ini membuatnya berharga mahal di pasaran, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Para pembelinya kayu damar wangi ini bersedia membelinya dengan harga mulai dari Rp 20 – 30 juta-an per kilogram. Sedangkan apabila kayu ini berjenis dan berkualitas super, tak jarang pula ada yang membeli dengan harga Rp 40 – 60 juta-an per kilogram. Bahkan untuk jenis tertentu bisa mencapai ratusan juta rupiah. Harga kayu gaharu memang sangat fantastis.

DAFTAR HARGA KAYU GAHARU TERBARU

Kualitas (Grade) Harga (USD) Satuan
Double King $ 54,688 Kg
Super King $ 42,969 Kg
A. Super $ 27,344 Kg
AB. Super $ 5,469 Kg
Sabak Ulir $ 2,735 Kg
Arab Super $ 1,954 Kg
Sabak Batu $ 938 Kg
Sabak Malaysia $ 938 Kg
Sabak Air $ 626 Kg
CIP Arab $ 547 Kg
Medang B Padat $ 313 Kg
Tri Arab $ 235 Kg
Medang B $ 157 Kg
Medang C $ 47 Kg

Sementara itu untuk info harga bibit pohon gaharu biasanya ada yang menjualnya secara online dengan bandrol harga sekitar Rp 50.000 hingga 70.000-an per bibit.

Oh ya sobat, para pembeli biasanya memanfaatkan kayu gaharu ini sebagai bahan dengan estetika tinggi untuk bahan interior. Sifatnya yang kokoh dapat memuaskan para pecinta bahan kayu untuk menciptakan karya arsitektur yang kuat dengan citarasa seni yang tinggi.

LIHAT JUGA: INFO HARGA KELAPA PER BUAH DAN PERKEMBANGAN HARGA PINANG KERING 1 KG BULAN INI.

Hal unik lain yang membuat harganya cukup fantastis adalah kekuatan mistisnya. Sebagian pembeli maupun kolektor, meyakini bahwa kayu gaharu memiliki kekuatan ghaib di dalamnya. Kayu ini diyakini dapat menangkal sihir dan hal-hal ghaib lainnya. Para orang pintar biasanya menggunakannya untuk bahan dasar aksesoris dan wewangian yang dapat dipakai oleh pemiliknya. Ini bukan tanpa alasan, karena sudah sejak dari nenek moyang terdahulu, kayu ini dipercaya memiliki penangkal kiriman dan kesialan yang dikirimkan orang tak bertanggung jawab. Gangguan-gangguan ini dapat juga ditahan ataupun dikembalikan kepada pengirimnya. Namun kita sebagai orang yang beriman tentu saja tidak perlu meyakini hal-hal klenik semacam itu. Salah-salah kita bisa terjerumus ke dalam kemusyrikan (kesyirikan). Karena kita memiliki Allah Yang Maha Kuasa. Cukuplah memohon perlindungan kepada Allah semata. Betul gak sobat?

Jika dari tadi kita telah memahami bahwa pohon gaharu memiliki kayu yang kaya akan manfaat dan keunikan, tim admin ZONAKEREN.COM yang tamvan menawan ini juga ingin memberitahukan bahwa daun gaharu rupanya dapat digunakan dan diolah menjadi produk teh. Keren banget kan sobat? Dan tentunya teh daun gaharu ini juga merupakan teh yang tak kalah manfaatnya dibanding teh-teh jenis lainnya yang sudah ada.