Harga Singkong per Kg Terbaru November 2019



Harga Singkong per Kg Terbaru November 2019. Update kisaran harga jual beli ubi kayu per kilogram di pasaran minggu ini. Perkiraan prediksi harga ketela pohon (singkong) beberapa bulan atau tahun mendatang tentu menjadi sesuatu yang sulit ditebak, kecuali memahami benar data pasar dalam jangka waktu tertentu. Kami yakin sobat ZOKER banyak yang sudah merasakan makanan dengan bahan dasar singkong. Tahukah sobat, jika singkong atau sering juga disebut ubi kayu memiliki bahasa latin yang disebut Manihot utilissima. Singkong sendiri sebenarnya merupakan tanaman asli dari Brazil. Namun kini kita dapat menikmatinya di Indonesia. Jika kita sedikit mengingat ke belakang, pada zaman penjajahan bangsa asing dahulu. Indonesia pernah dijajah oleh bangsa Portugis. Bangsa inilah yang membawa tanaman asli Brazil ini ke bumi Indonesia. Sebelum kita lanjutkan mengenai harga singkong, kami tim ZONAKEREN.COM tak lupa mengingatkan kepada sobat ZOKER bahwa sebelum juga telah kami hadirkan info terkini harga kemiri lengkap, harga pisang terbaru kualitas lokal dan impor, serta harga jagung bulan ini.

Di Amerika Latin, umbi singkong atau ketela pohon sering kali menjadi makanan pokok. Ini karena umbi singkong memiliki kalori yang cukup tinggi. Bangsa Portugis datang ke Indonesia bukan hanya membawa singkong, namun mereka juga membuat program untuk menanam singkong dalam jumlah besar. Sehingga singkong akhirnya ditanaman secara komersil, mengingat potensi besar yang dapat dihasilkan.

Update Harga Singkong Terbaru Minggu Ini Lengkap per Kg

Singkong atau di dunia internasional dikenal sebagai cassava, ternyata memiliki beberapa nama yang berbeda di beberapa daerah di Indonesia. Misalnya saja tela pohong (Jawa Tengah), tela belada (Madura), lame kayu (Makassar), kasapen (Sunda), pangala (Papua), ubi kayee (Aceh), dan lain-lain.

HARGA SINGKONG TERKINI. Singkong adalah jenis tanaman yang mudah tumbuh dimana saja, bahkan di daerah tandus sekalipun yang tanahnya kurang akan zat hara. Kita cukup dengan menancapkan bagian batang dengan ukuran tertentu dan dia akan hidup. Tanaman ini juga tidak memerlukan perawatan yang berlebih, bahkan biasanya memiliki hasil panen cukup besar setelah menunggu 9 bulan masa tanam.

SIMAK JUGA: LIST HARGA PINANG KERING TERBARU.

Manfaat dan Kegunaan Singkong

Nilai manfaat pada semua bagian dari tanaman ini juga besar. Daunnya yang kaya akan zat besi, biasanya sering dijadikan sayuran. Dan juga bagian utamanya yaitu umbi, memiliki kalori lebih tinggi dibandingkan nasi, sehingga tujuan pada zaman dulu bangsa Portugis membawa tanaman ini kesini adalah untuk menjadikan umbi ini sebagai makanan pokok rakyat Indonesia.

Di dalam sebuah singkong mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh. Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam singkong antara lain adalah, karbohidrat, serat, mineral dan kalsium.

Karbohidrat yang ada pada singkong cukup banyak. Pada setiap 100 gram singkong, biasanya mengandung 38 gram karbohidrat. Ini juga yang menyebabkan singkong menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh yang harus menjalani aktivitas fisik yang berat. Aktivitas fisik yang kita lakukan akan menguras glukogen, yaitu bentuk glukosa yang disimpan di dalam otot. Ketika makan singkong, karbohidrat dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa, yang selanjutnya diubah menjadi glukogen dan disimpan dalam otot.

Singkong juga mengandung serat pangan dalam jumlah yang tidak sedikit. Ini dapat dimanfaatkan untuk mencegah sembelit. Serat dalam jumlah yang banyak juga akan membantu tubuh kita untuk menurunkan berat badan, karena bisa membuat perut kenyang lebih lama. Kandungan serat juga dapat mendatangkan manfaat untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, dan menurunkan risiko obesitas. Tidak menutup kemungkinan akan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Bagi kalian yang memiliki diabetes, makan singkong adalah solusi yang membantu untuk menurunkan kadar gula darah.

LIHAT JUGA: UPDATE HARGA KELAPA TERBARU HARI INI.

Kalsium pada singkong juga diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Zat besi yang ada akan membantu dalam pembentukan protein baik itu hemoglobin dan myoglobin yang bertugas membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Kalsium diperlukan dalam proses pemecahan karbohidrat.

Singkong rupanya juga mengandung vitamin C, vitamin E, dan juga folat yang berjumlah banyak. Vitamin ini akan memberikan banyak manfaat bagi manusia. Kandungan pada singkong tersebut dapat melindungi dari kanker usus besar dan dapat mengurangi risiko komplikasi selama masa kehamilan.

Harga Singkong per Kg Terbaru

Biasanya, harga singkong di pasaran berkisar mulai dari Rp 500 – 2.000 per kilogram. Cukup murah jika dibandingkan dengan bahan makanan pokok lain, yang bahkan beras saja bisa mencapai 5 kali lipatnya. Harga singkong di daerah sobat bisa saja lebih tinggi dari harga tersebut.

Simak juga update daftar harga komoditas perdagangan di negeri ini, mulai dari harga kopra teranyar, harga lada hitam & putih terbaru, serta harga cengkeh per kg baik dalam kondisi kering maupun basah.



harga singkong per kg 2019, Prediksi harga singkong, prediksi harga singkong 2019