Harga Mentimun per Kg Terbaru November 2019



Harga Mentimun per Kg Terbaru November 2019. Update kisaran harga timun terkini di pasaran minggu ini untuk sobat zonakeren.com pecinta lalapan dan rujakan (Bahasa Jawa Tengah: lotis, nglotis, ngrujak). Seperti halnya dengan harga jeruk nipis, info harga lemon per kg, dan harga pisang terbaru, ternyata harga mentimun juga mengalami naik turun di pasar lokal.

Para penikmat kuliner terutama pecinta lalapan pasti sudah menjadikan mentimun sebagai tambahan wajib pada piring sobat. Rasanya yang segar akan sangat cocok jika dikombinasikan dengan sambal maupun makanan asin dan pedas lainnya. Walaupun umumnya dianggap sebagai pelengkap, buah bernama latin Cucumis sativus ini ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Di Indonesia, mentimun juga dikenal dengan nama timun atau ketimun.

Update Harga Mentimun Terbaru Minggu Ini Lengkap per Kg

HARGA KETIMUN TERKINI. Tumbuhan mentimun termasuk pada tanaman yang merambat. Biasanya para petani akan membuat bagian tanaman tersebut menjadi merambat secara horizontal pada sesuatu. Atau juga tak jarang pula ada yang hanya membiarkannya tumbuh menjalar disepanjang tanah. Buahnya berbentuk lonjong panjang dan berwarna hijau dengan belang-belang yang lebih gelap. Dapat berwarna kuning hingga putih ketika sudah terlalu tua. Daunnya juga memiliki warna hijau terang dengan batang yang menjalar ke berbagai tempat juga arah.

SIMAK JUGA: HARGA ANEKA KOMODITAS KAYU, MULAI DARI HARGA KAYU SECANG, DAFTAR HARGA KAYU GAHARU PER KG, DAN INFO HARGA KAYU SENGON PER METER DI PASARAN BULAN INI.

Masih banyak orang yang bingung mengenai kategori yang disematkan pada mentimun. Apakah termasuk sayuran atau buah. Karena jika menurut dari ciri-cirinya, buah adalah yang berkembang dari bunga dan memiliki biji. Maka mentimun dapat dikategorikan sebagai buah. Namun jika dilihat dari pandangan di bidang kuliner, buah-buahan dan sayuran memiliki ciri yang berbeda jika dibedakan berdasarkan rasa dan tekstur yang dimiliki. Karena mentimun umumnya digunakan sebagai hidangan yang gurih dan juga memiliki kadar gula rendah, maka timun akhirnya dimasukkan kedalam kategori sayuran oleh para ahli kuliner.

Harga Mentimun per Kg Terbaru

Di pasaran, harga ketimun ini cenderung naik turun sesuai musim. Namun pada umumnya mentimun dijual pada kisaran harga mulai Rp 4.000 hingga 10.000 per kilogram.


Hanya saja, pada saat-saat tertentu harga mentimun per kg bisa mencapai hingga di atas Rp 10.000 ketika permintaan sedang tinggi sementara persediaannya tidak mencukupi.

Kandungan dan Manfaat Mentimun

Pada satu buah mentimun biasanya mengandung 0,65% protein dan 0.1% lemak serta kandungan karbohidrat sebanyak 2,2%. Bukan hanya itu, mentimun juga memiliki kalsium, magnesium, vitamin A, vitamin C dan berbagai zat manfaat lainnya.

Seakan memiliki manfaat yang berlipat-lipat, bahkan pada biji mentimun ternyata mengandung racun alkoloid berjenis hipoxanti. Racun ini memiliki manfaat yang berfungsi untuk mengobati anak-anak yang menderita keluhan cacingan. Manfaat lain dari biji mentimun yaitu diyakini untuk dapat meredakan radang tenggorokan. Biasanya cara yang digunakan adalah dengan mencampurkan biji mentimun dengan sedikit garam lalu digunakan untuk berkumur selama beberapa kali sehari.

Karena memiliki kandungan kalium pada buahnya, mentimun dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Ini dikarenakan kalium adalah zat yang dapat mengatur jumlah garam pada ginjal sobat. Tentunya ini dangat bermanfaat bagi para penderita hipertensi. Tingginya kadar sodium yang terdapat dalam tubuh membuat kadar air di tubuh sobat menjadi semakin tidak seimbang, ini pula yang dapat memicu meningkatnya tekanan darah dalam tubuh. Tubuh membutuhkan penetral antara kadar air dan sodium dengan kalium yang cukup. Sobat ZOKER juga akan lebih sehat ketika mengonsumsi air mentimun secara rutin. Karena air timun juga dapat menjaga darah menggumpal dengan normal.

LIHAT JUGA: PERKEMBANGAN HARGA LADA TERBARU, INFO HARGA PINANG KERING PER KG, DAN HARGA CENGKEH MINGGU INI SEBAGAI KOMODITI EKSPOR IMPOR.

Bagi para penggemar progam diet, mentimun dapat menjadi salah satu senjata ampuh. Ini dikarenakan mentimun adalah buah yang memiliki kalori dengan kadar rendah namun memiliki tinggi serat. Jika memakannya maka akan dapat membantu perut sobat merasa kenyang lebih cepat tanpa memerlukan banyak asupan karbohidrat. Penelitian telah menunjukkan bahwa jika sobat memakan makanan yang memiliki kadar air tinggi, maka soba zona keren akan menurunkan massa tubuh lebih signifikan. Dengan memakan mentimun utuh setiap hari, sobat akan dapat mengkonsumsi 45 kalori yang tentunya tanpa lemak. Namun tetap mendapatkan protein dan vitamin lainnya dalam jumlah yang lebih dari cukup.