Harga Sarang Walet per Kg Terbaru Desember 2019


Update Harga Sarang Walet Terbaru per Kg Segitiga dan Mangkok Premium

Harga Sarang Walet per Kg Terbaru Desember 2019. Prediksi dan update kisaran harga sarang burung sriti (walet) per 100 gram dan 1 kilogram minggu ini di pasaran, sarang berbentuk mangkuk dan segitiga. Jika sebelumnya kita fokus pada harga komoditas perdagangan dari golongan kayu, mulai dari harga kayu gaharu per kg, info harga kayu sengon terbaru per meter aneka diameter, dan harga kayu secang terkini bulan ini, maka hari ini tim ZOKER akan mencoba menghadirkan hal baru, yakni daftar harga sarang walet yang merupakan produk bahan makanan kelas elit.

Sobat zonakeren.com mungkin sudah mengenal burung ramping yang memiliki sarang dengan harga mahal ini. Walet, adalah salah satu jenis burung yang berukuran ramping dengan bagian sayap meruncing. Memiliki warna tubuh yang di dominasi warna hitam dan bagian bawah yang berwarna coklat. Dapat hidup di pantai hingga daerah pemukiman. Biasa ditemui di ruang-ruang besar seperti gua atau bangunan kosong.

HARGA SARANG BURUNG WALET TERKINI. Tahukah sobat, jika burung walet ini memiliki ciri khas untuk membuat sarangnya sendiri di tempat-tempat tertentu yang cenderung lembab dan gelap. Dengan bermodalkan air liur, walet akan membuat sarang yang rupanya memiliki banyak kandungan manfaat di dalamnya. Khasiatanya mulai dari manfaatnya bagi kesehatan hingga lain sebagainya. Tak heran jika sarang burung walet selalu menjadi buruan yang sangat bernilai.

Sarang burung walet sudah banyak dipercaya memiliki kandungan antioksidan dan kolagen yang cukup tinggi. Ini membuatnya sering digunakan bagi banyak perempuan sebagai nutrisi untuk menjaga kesehatan kulit dan dipercaya dapat mencegah penuaan.

SIMAK JUGA: PERKEMBANGAN HARGA KOMODITAS BUAH-BUAHAN, MULAI DARI HARGA PISANG TERBARU, UPDATE HARGA LEMON PER KG DI PASARAN, DAN HARGA JERUK NIPIS TERKINI BULAN INI.

Menurut penelitian, sarang burung walet juga mengandung Glyco Protein. Dimana zat ini memiliki khasiat untuk memperbaiki daya tahan tubuh dan juga dapat membersihkan paru-paru. Bukan hanya itu, juga terdapat Growth Factor yang dapat memperbaiki regenerasi sel.

Walaupun memiliki banyak manfaat, sayangnya tidak semua orang akan bisa dengan mudah menikmati sarang burung walet. Ini dikarenakan selain harganya yang mahal, rupanya masih banyak dari mereka yang tak mengerti sama sekali bagaimana cara pengolahannya.

Ketika petani sarang walet ingin memanen sarang, biasanya mereka akan menunggu paling cepat sebulan dan paling lama jangka waktu tiga bulan sekali. Lain dari hasil panen tanaman ataupun komoditas lain, panen sarang burung walet hanya berkisar 10 kilogram, itupun pada pemilik budidaya yang besar. Jika sedang beruntung bahkan mencapai puluhan kilogram. Ini pula yang membuat ketidak seimbangan antara hasil panen dengan permintaan pasar. Dan menjadi sebab kenapa sarang burung walet memiliki harga yang mahal.

Harga Sarang Walet Terbaru

Kualitas dari sarang burung walet dapat dilihat melalui warnanya, semakin putih dan bersih sarang tersebut akan semakin mahal. Bukan hanya warna, bentuk juga mempengaruhi harganya. Kita ambil contoh misalnya saja sebuah sarang burung walet berbentuk mangkok akan lebih mahal ketimbang yang berbentuk segitiga. Di pasaran, sarang walet dengan bentuk mangkok dijual dengan harga sekitar Rp 12 jutaan per kilogram, sedangkan sarang walet dengan bentuk segitiga dijual dengan kisaran harga Rp 8 jutaan per kg. Bahkan untuk sarang walet kualitas putih bersih kelas premium bisa mencapai harga di atas Rp 20 jutaan.



Selain itu ada juga sarang burung walet yang dijual per 100 gram, misalnya saja sarang walet kualitas hancuran dan grade super dengan kisaran harga Rp 1 – 3 jutaan.

Bukan hanya perjuangan menunggunya saja yang harus sabar, pada aktifitas ternaknya, petani sarang burung walet memerlukan modal yang sangat besar. Walet memerlukan bangunan yang istimewa dan lain dari bangunan lainnya, ini menyebabkan para petani harus siap-siap merogoh kocek ratusan juta untuk melakukan perawatan pada gedungnya.

Jika melihat modalnya yang lumayan besar, maka tak heran jika tak sedikit yang enggan untuk berbisnis sarang burung walet. Namun dengan minimnya orang yang mau melakukan bisnis ini, secara tidak langsung akan mempengaruhi kelangkaan produk dan menyebabkan harga sarang burung walet menjadi lebih mahal. Karena permintaan pasar yang tinggi tidak diimbangi dengan ketersedian stok sarang burung walet yang ada.

Di Indonesia sendiri baru-baru ini juga mendapat kabar bahwa ekspor produk sarang burung walet memiliki sumbangsih tersendiri dan lebih tinggi keuntungannya dibandingkan dari negara lain.

LIHAT JUGA: LIST HARGA SINGKONG PER KG DAN DAFTAR HARGA KEMIRI TERBARU SAAT INI.

Walaupun digadang-gadang sebagai bahan makanan elit yang super mahal, nyatanya tidak semua orang dapat memakannya. Ini didukung dengan adanya beberapa reaksi alergi yang ditunjukkan oleh beberapa orang yang baru saja memakan olahan sarang walet.



harga burung walet desember 2019, harga sarang burung sriti desember 2019