Harga Kayu Secang per Kg Terbaru Desember 2019


Update Harga Kayu Secang Terbaru Minggu Ini Lengkap per Kg

Harga Kayu Secang per Kg Terbaru Desember 2019. Berapa harga terkini kayu secang per kilogram di pasaran saat ini? Barangkali sobat zonakeren.com minggu ini ada yang sedang mencari prediksi dan perkembangan harga komoditi perdagangan dari golongan kayu-kayuan. Jika beberapa waktu lalu telah kami tayangkan info harga kayu sengon per meter dan harga kayu gaharu per kg teranyar, maka untuk melengkapinya hari ini kami akan mencoba menghadirkan kabar harga kayu secang terbaru untuk sobat semuanya.

Tahukah sobat, jika ada ratusan bahkan ribuan pohon yang dapat sobat temui di hutan, perkebunan hingga pinggir-pinggir jalan. Ada yang memiliki banyak manfaat, namun ada juga yang hanya berguna untuk peneduh dan penghasil oksigen. Salah satu pohon yang juga tak kalah bermanfaat adalah pohon secang.

HARGA KAYU SECANG TERKINI. Umumnya sobat akan dapat menemui tanaman secang ini tumbuh subur di beberapa negara Asia, sebagai contohnya seperti Indonesia, India, dan juga Malaysia. Apakah sobat pernah melihat atau mendengar kayu secang? Batang kayu ini memiliki banyak manfaat, lho. Bukan hanya di Indonesia, namun sudah terkenal hingga di seluruh dunia. Mulai dari digunakan sebagai bahan bangunan, sampai digunakan untuk bahan makanan.

LIHAT JUGA: DAFTAR HARGA JERUK NIPIS TERBARU DAN HARGA LEMON PER KG MINGGU INI.

Bagian batang kayu dari pohon secang adalah bagian yang paling dikenal dengan pemanfaatannya di banyak hal. Pohon dari golongan perdu suku polong-polongan ini memiliki nama latin yaitu Caesalpinia sappan atau juga dapat disebut sebagai Biancaea sappan. Pohonnya memiliki duri dan daun yang berukuran tidak terlalu besar alias kecil. Jika sobat lihat sekilas, batang pohon ini mirip dengan tumbuhan petai cina. Ketika masih muda akan berwarna kehijauan dan akan berubah warna menjadi lebih kecoklatan ketika sudah tua. Yang menambah kesan cantik pada pohon ini adalah adanya bunga berwarna kuning atau oranye di bagian puncak pohonnya.

Batangnya yang memiliki warna merah kecoklatan akan berubah menjadi warna merah terang. Warna ini bisa didapatkan ketika direndam dengan air panas. Bukan hanya bagian dalam batangnya, kulit dari kayu ini dapat dijadikan bahan rempah-rempah.

SIMAK JUGA: UPDATE HARGA SINGKONG DI PASARAN DAN INFO HARGA KEMIRI PER KG.

Harga Kayu Secang per Kg Terbaru

Harga kayu secang di pasaran terbilang cukup terjangkau. Mulai dari 15.000 rupiah per kilogram, hingga 45.000 rupiah per kilogram. Sobat ZOKER juga dapat membelinya secara online di online shop atau marketplace modern dengan harga yang bervariasi tergantung kombinasi isinya.


Manfaat Harga Kayu Secang

Kayu secang nyatanya memiliki beberapa manfaat dan kegunaan. Sebelumnya sobat telah mengetahui bahwa kayu secang dapat berubah warna menjadi kemerahan. Warna merah ini dapat digunakan sebagai pewarna merah alami. Ini dikarenakan adanya senyawa Brazilin yang ada dan terkandung di dalam kulit kayu tersebut. Pewarna alami ini dapat digunakan sebagai pewarna yang dapat mempercantik kain, cat maupun makanan.

Sobat juga dapat mengkonsumsi kayu secang dengan menyeduhnya seperti teh. Salah satu manfaat yang di dapat dari mengonsumsi minuman batang kayu pohon secang ialah untuk lebih menghangatkan suhu tubuh. Kayu secang yang telah kering biasanya dapat ditambahkan pada bahan pembuatan minuman tradisional dari Nusantara. Mungkin sobat telah familiar dengan wedang uwuh dan bandrek. Dua minuman tradisional ini memiliki campuran kayu secang di dalamnya.

Beberapa ahli herbal rupanya juga merekomendasikan bubuk kayu secang agar dikonsumsi. Ini dikarenakan bahwa dengan mengkonsumsi racikan kayu secang secara rutin, sobat akan dapat terhindar bahkan menyembuhkan berbagai penyakit, seperti diabetes, disentri, penyakit kulit dan diare. Ini dikarenakan ada banyak senyawa penting dalam kayu secang. Seperti misalnya polifenol yang merupakan salah satu zat sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas.

PERKEMBANGAN TERKINI: LIST HARGA JAGUNG TERBARU SAAT INI DAN HARGA PISANG PER SISIR LOKAL DAN IMPOR BULAN INI.

Lalu ada juga untuk efektifitas vitamin C, dan sebagai antibiotik alami. Sobat ZOKER juga akan menemukan zat tannin yang memiliki manfaat untuk menghentikan pendarahan, membunuh bakteri jahat, dan juga menyembuhkan sakit pada dinding usus. Hal ini dikarenakan adanya sifat antibakteri yang selalu ada di dalam masing-masing zat tadi. Walaupun kaya akan manfaatnya untuk kesehatan, namun olahan secang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh pasien dengan defisiensi darah, dan juga wanita hamil maupun ibu menyusui.



warna kayu secang