Kultum Singkat Ramadhan: Keutamaan Sholat Dhuha

Contoh kultum singkat ramadhan dengan judul keutamaan sholat dhuha, link download ceramah singkat romadhon dalam bentuk .pdf dan ms word (.doc) dengan tema keutamaan sholat dhuha.

Kali ini tim zona keren kembali akan membagi sebuah artikel taushiyah singkat tentang keutamaan sholat dhuha yang merupakan paket kultum singkat ramadhan, yang semoga saja dapat bermanfaat bagi kita semuanya.

Baca juga artikel terkait dengan puasa ramadhan, antara lain:

Kultum Singkat Ramadhan: Keutamaan Sholat Dhuha

Kultum Singkat Ramadhan: Keutamaan Sholat Dhuha

Berikut ini adalah contoh ceramah kuliah tujuh menit (kultum) singkat yang sangat cocok untuk kultum di bulan ramadhan atau pun kapan saja, untuk saling nasihat-menasihati dalam kebaikan, kebenaran dan kesabaran. Kultum kali ini berisi tentang keutamaan sholat dhuha.

Bismillaahhirrohmaanirrohiim..
Assalamu’alaikum warohmatullahi wa barokaatuuh..

Alhamdulillahirobbil ‘alamin, washolatu wasalmu’ala ashrofil ambya’i walmursalin, wa ‘ala alihi washohbihi aj’mangin. Ama ba’du…

Bapak Ibu jama’ah yang dimuliakan Allah, marilah kita panjatkan puji syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah kepada kita, utamanya adalah nikmat islam, kesehatan, kekuatan dan kesempatan.

Tak lupa salam dan shalawat semoga tetap terlimpahkan kepada Rasulullah Muhammad Shallahu ‘alaihi wassalam, keluarga, sahabat dan para pengikutnya yang senantiasa istiqomah melaksanakan ajarannya. Aamin yaa robbal ‘alamiin..

Jama’ah yang dirahmati Allah, pada kesempatan kali ini saya akan membacakan sebuah kultum dengan tema:

Keutamaan Sholat Dhuha

Shalat dhuha merupakan salah satu shalat sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Shallahu ‘alaihi wassalam. Banyak sekali penjelasan hadits yang menyebutkan berbagai keutamaan, manfaat atau keistimewaan shalat dhuha bagi siapa saja yang melaksanakannya.

Keutamaan dan keistimewaan sholat dhuha menurut beberapa hadits Rasulullah Muhammad Shallahu ‘alaihi wassalam antara lain:

1. Bentuk terima kasih dan rasa syukur kita kepada Allah

Sholat dhuha merupakan ekspresi terimakasih kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, atas nikmat sehat dan bugarnya setiap sendi tubuh kita. menurut Rasulullah Shallahu ‘alaihi wassalam, setiap sendi ditubuh kita berjumlah 360 sendi yang setiap harinya harus kita beri sedekah sebagai makanannya. Dan sholat dhuha adalah makanan bagi sendi-sendi tersebut.

“Pada setiap manusia diciptakan 360 persendian dan seharusnya orang yang bersangkutan (pemilik sendi) bersedekah untuk setiap sendinya.” Lalu, para sahabat bertanya:” Ya Rasulullah Shallahu ‘alaihi wassalam, siapa yang sanggup melakukannya? ” Rasulullah Shallahu ‘alaihi wassalam menjelaskan:

“Membersihkan kotoran yang ada di masjid atau menyingkirkan sesuatu (yang dapat mencelakakan orang) dari jalan raya, apabila ia tidak mampu maka sholat dhuha dua raka’at, dapat menggantikannya” (H.R. Ahmad bin Hanbal dan Abu Daud)

2. Sedekah bagi seluruh persendian tubuh manusia

Dari Abu Dzar al-Ghifari ra., ia berkata bahwa Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Di setiap sendi seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan lailahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat Dhuha diberi pahala” (HR Muslim).

3. Sebuah rumah di surga

Bagi yang rajin mengerjakan shalat Dhuha, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di dalam surga. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits Nabi Muahammad Shallahu ‘alaihi wassalam:

“Barangsiapa yang shalat Dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami’: 634)

4. Memperoleh ganjaran di sore hari

Dari Abu Darda’ ra, ia berkata bahwa Rasulullah Shallahu ‘alaihi wassalam berkata:

Allah ta’ala berkata: “Wahai anak Adam, shalatlah untuk-Ku empat rakaat dari awal hari, maka Aku akan mencukupi kebutuhanmu (ganjaran) pada sore harinya” (Shahih al-Jami: 4339).

Dalam riwayat lain juga disebutkan: Sesungguhnya Allah ‘Azza Wa Jalla berkata: “Wahai anak Adam, cukuplah bagi-Ku empat rakaat di awal hari, maka aku akan mencukupimu di sore harimu”.

5. Pahala Umrah

Dari Abu Umamah ra bahwa Rasulullah Shallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Barang siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan shalat wajib, maka pahalanya seperti seorang yang melaksanakan haji. Barang siapa yang keluar untuk melaksanakan shalat Dhuha, maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan ‘umrah…” (Shahih al-Targhib: 673).

Dalam sebuah hadits yang lain disebutkan bahwa Nabi Shallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Barang siapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna..” (Shahih al-Jami’: 6346).

6. Mendapatkan Ampunan Dosa

“Siapa pun yang melaksanakan shalat dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.” (HR Tirmidzi).

Itulah beberapa kutipan hadist mengenai Keutamaan dan Keistimewaan Shalat Dhuha. Semoga bisa membuat kita lebih giat lagi dalam menjalankan shalat dhuha, dan bagi yang belum melaksanakannya mungkin bisa sesegera mungkin untuk memulai menjalankannya… Aamiin…

Walaupun banyak sekali keutamaan dan manfaat sholat dhuha, namun kita harus tetap menjaga niat kita. Alangkah baiknya jika kita melakukannya dengan ikhlas tanpa pamrih, hanya mengharap ridho dan kasih sayang Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Demikianlah sedikit yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Billahitaufik walhidayah.. Wassalamu’alaikum warohmatullahi wa barokaatuuh..

Download File Kultum Singkat PDF dan MS Word

Jika Anda ingin mendownload materi kultum singkat dengan judul “keutamaan sholat dhuha” di atas, Anda dapat mengunduhnya melalui tautan yang kami sediakan di bawah ini, lengkap dengan 20 judul kultum lainnya. File dalam bentuk PDF dan DOC (MS Word).

NEXT >> KLIK UNTUK MENUJU HALAMAN DOWNLOAD KULTUM SINGKAT

Catatan: Materi kultum “keutamaan sholat dhuha” ini kami ambil dari berbagai sumber di dunia maya yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu.

Itulah contoh kultum singkat ramadhan dengan judul keutamaan sholat dhuha, semoga kita semua dapat mengambil hikmah dan manfaat dari ceramah singkat di atas.


loading...

Pages: 1 2

loading...